Membuang Sampah dari Dalam Mobil Bisa Kena Denda Rp 500 Ribu Hingga Rp 25 Juta

Membuang Sampah dari Dalam Mobil Bisa Kena Denda Rp 500 Ribu Hingga Rp 25 Juta

Bagi kalian pengendara mobil sebaiknya, sebaiknya mulai sekarang jangan pernah pernah lagi buah sampah dari dalam mobil. Karena, perbuatan itu merupakan pelanggaran yang dapat dikenakan ancaman pidana berupa kurungan ataupun denda.

Pasaalnya baru-baru ini beredar sebuah video yang diunggah akun Instagram @medantau.id pada Rabu (4/1), memperlihatkan pengendara mobil membuang sampah di jalan. Lalu, ada seorang ibu-ibu menghampiri mobil tersebut untuk menegur sang pemilik mobil untuk memungut sampahnya kembali.

"Banyak kek gini, naik mobil makan jajanan, sampahnya asal lempar ke jendela aja," tulis akun tersebut.

Padahal, membuang sampah dari dalam mobil dilarang dan sudah diatur dalam dalam UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Pasal 29 Ayat 1 huruf e menegaskan, setiap orang dilarang membuang sampah tidak pada tempat yang telah ditentukan dan disediakan.

Pasal ini juga diatur oleh pemerintah kabupaten/kota setempat. DKI Jakarta sendiri telah menerapakan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah sebagaimana telah diubah dengan Perda Provinsi DKI Jakarta Nomor 4 Tahun 2019. 

Pasal 126 huruf h berbunyi "setiap orang dilarang membuang sampah dari kendaraan. Setiap orang yang dengan sengaja atau terbukti membuang sampah dari kendaraan dikenakan uang paksa paling banyak Rp 500.000.,"

Sementara itu, sosialisasi Perda Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah kepada masyarakat Pekanbaru, diatur larangan-larangan bagi masyarakat, instansi pemerintah dan aparatur-aparatur untuk tidak membuat sampah sembarangan. Termasuk di dalamnya membuang sampah dari dalam mobil.

Bagi masyarakat atau instansi yang melanggar, maka akan dikenakan sanksi denda mulai dari Rp2,5 juta hingga Rp25 juta. ""Sesuai dengan perda, bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan akan dikenakan sanksi denda dari Rp2,5 juta hingga Rp25 juta, itu ketentuan yang ada di dalam perda nomor 8 tahun 2014," ujar Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru Zulfahmi, dikutip dari Jawapos, Sabtu (21/1).

Tidak hanya itu, membuang sampah dijalan juga dianggap sebagai perbuatan yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan pada pengendara atau pengguna jalan lain.

Hal ini diatur dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 310. "Setiap pengendara kendaraan bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan kerusakan kendaraan atau barang, ataupun menimbulkan korban luka ringan, berat hingga meninggal, akan dipidana selama enam bulan hingga enam tahun dan denda maksimal mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 12 juta," ujar bunyi pasal tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com