Mazda Pamerkan Mobil Konsep Seharga Rp 26,8 Miliar

Mazda Pamerkan Mobil Konsep Seharga Rp 26,8 Miliar

OTODRIVER -  Mazda turut berpartisipasi dalam ajang pameran Japan Mobility Show 2023 yang dihelat pada tanggal 25 Oktober hingga 5 November 2023 ini.

Di ajang pameran ini, Mazda memamerkan hanya produk MX-5 Miata dan juga model konsep yang bernama Mazda Iconic SP Concept.

Mazda Iconic SP Concept

Mobil konsep Iconic SP ini disinyalir menjadi perpaduan antara penerus MX-5 Miata namun berbekal konfigurasi mesin legend Mazda, yakni rotary yang ditemukan pada RX-8.

Secara desain eksterior, mobil ini mengusung garis besar nafas sketsa dari MX-5 generasi keempat berkode bodi ND

Akan tetapi, mesin yang diusung adalah jantung pacu rotary dua rotor yang dikawinkan dengan motor listrik.

Mazda Iconic SP Concept

Kendati demikian, Mazda belum bisa menjelaskan lebih jauh soal mekanisme penggerak mobil ini.

Mesin rotary dipilih pada mobil ini karena diklaim memiliki center of gravity yang sangat rendah sehingga dapat memberikan pengendalian yang sangat baik.

Untuk dimensinya mobil konsep ini memiliki panjang 4.180mm x lebar 1.850mm x tinggi 1.150 mm. Wheelbasenya 2.590mm dan memiliki bobot 1.450kg.

Tidak hanya itu, Iconic SP Concept juga mengusung warna baru dari Mazda, yakni Viola Red.

Mazda Iconic SP Concept

Dan menariknya, pihak Mazda menyebutkan biaya untuk membuat mobil konsep ini 60 kali lipat lebih mahal dibandingkan harga MX-5 Miata yang dipasarkan di Jepang.

Sebagai catatan, harga MX-5 Miata di Negeri Matahari Terbit berkisar 2,9 juta Yen hingga 4,3 juta Yen atau setara dengan Rp 306 jutaan hingga Rp 455 jutaan.

“Harga untuk membuat mobil konsep ini 60x lipat dari harga MX-5. Hitungan kasar kami berarti untuk memproduksi 1 unit mobil konsep Mazda Iconic SP ini berkisar 174 Juta Yen sampai 258 Juta Yen, yang kalau dirupiah kan sekitar 18,4 Miliar sampai  26,8 Miliar rupiah,” jelas Koji Katsuhara selaku Manager Global Brand Promotion Dept. dan Global Sales & Marketing Division Mazda Motor Corpration di Japan Mobility Show 2023. (LA/AW).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com