Makin Serius, Indonesia Bakal Jalin Kerja Sama dengan Perusahaan AS untuk Uji Baterai EV

Kerja sama yang akan dilakukan untuk memberikan kesan aman terhadap pengguna kendaraan listrik.
Penulis: Afrizal Abdul Rahman
Sabtu, 1 Juli 2023 11:35 WIB
Berita - Makin Serius, Indonesia Bakal Jalin Kerja Sama dengan Perusahaan AS untuk Uji Baterai EV
Bagikan ke:

Jakarta, OTODRIVER- Perkembangan kendaraan listrik di tanah air terus meningkat. Untuk mendukung pengembangan ekosistemnya, dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak, termasuk pengujian baterai.

Langkah pemerintah untuk mendukung hal di atas, dengan mengajak perusahaan asal Amerika Serikat. Yakni, UL Solution yang merupakan salah satu perusahaan sertifikasi dan pengujian perangkat lunak ternama.

Hal tersebut diungkap Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI (BKPM), Bahlil Lahadalia. Tujuannya agar menjamin keamanan selama menggunakan kendaraan listrik. "Permintaan kendaraan listrik semakin tinggi dan akan terus meningkat ke depannya. Kami harap pemerintah bisa menjalin kerja sama dengan UL Solutions untuk menciptakan ekosistem kendaraan listrik, serta mengedepankan keselamatan bagi pengguna," kata Bahlil, dikutip dari laman Tempo.com.

Ekosistem kendaraan listrik memang sangat penting, sebab memiliki berbagai keuntungan. Misalnya dapat menekan emisi karbon di bumi, serta mengurangi polusi yang kian parah.

Permintaan kerja sama dengan UL Solutions disambut baik Presiden Internasional UL Solutions, Todd Denison. "Potensi pengembangan ekosistem di Indonesia sangat menjanjikan, seperti halnya di Amerika Serikat," ucap Todd. 

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini UL Solutions sudah berdiri selama 128 tahun dan akan terus mendukung keamanan atas inovasi baru, termasuk teknologi baterai kendaraan listrik. "Sampai saat ini baru ada di China. Kami akan mengkaji lebih dalam potensi di Indonesia dan menyambut baik kerjasama ini," tutup Todd. (AAR)

#baterai-listrik #kendaraan-listrik #pemerintah-indonesia #mobil-listrik #perusahaan-as #pengujian-baterai

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.