Kendaraan Kena Tilang Karena Tak Lolos Uji Emisi? Berikut Denda Yang Harus Dibayar

Kendaraan Kena Tilang Karena Tak Lolos Uji Emisi? Berikut Denda Yang Harus Dibayar

OTODRIVER- Polda Metro Jaya mulai menggelar tilang uji emisi demi menekan polusi udara di Jabodetabek.

"Kami akan ikut serta andil agar polusi bisa menurun, termasuk dengan transportasi yang sesuai ketentuan terkait emisi gas buang," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, dikutip dari CNN

Bagi kendaraan Anda yang tak lolos uji emisi siap-siap merogoh kocek, dimana akan terkena denda mulai dari Rp250 ribu sampai Rp500 ribu, berdasarkan aturan yang berlaku.
Polda Metro Jaya dan Pemprov DKI Jakarta menggunakan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sebagai payung hukum.

Untuk pasal 285 ayat 1 berbunyi setiap orang mengemudikan sepeda motor di jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp250.000 ribu.

Sementara itu untuk Pasal 286 berbunyi, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor beroda empat atau lebih di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan laik jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp500.000 ribu.

Jadi, pastikan kendaraan Anda memiliki emisi gas yang layak guna menekan tingkat polusi udara, serta terhindar dari denda yang ada. (AAR)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com