Ini Ruas Tol Gratis Saat Mudik Lebaran 2023

Penulis: Gemilang Isromi Nuar
Sabtu, 1 April 2023 15:35 WIB
Berita - Ini Ruas Tol Gratis Saat Mudik Lebaran 2023
Bagikan ke:
Dalam persiapanya, pemerintah telah menambah 217,2 km ruas tol baru yang akan beroperasi secara fungsional saat musim mudik Lebaran nanti.

Jalan tol masih akan menjadi jalur favorit untuk arus mudik Lebaran 2023. Dalam persiapannya, pemerintah telah menambah 217,2 km ruas tol baru yang akan beroperasi secara fungsional saat musim mudik Lebaran nanti.

Jalan tol fungsional merupakan jalan tol yang dibuka sementara untuk keperluan arus lalu lintas. Biasanya dilakukan pada momen tertentu, seperti libur Natal dan Lebaran, maka kendaraan yang melewati ruas tol tersebut tidak akan dikenai tarif . Diantara penambahan tersebut, terdapat Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 4 Tarumajaya-Cilincing sepanjang 7,2 kilometer (km).

"Dalam masa operasi fungsional seksi 4 sepanjang 7,2 km masih belum dikenakan tarif. Sehingga, arus kendaraan dari Timur menuju Pelabuhan Tanjung Priok atau menuju Cikunir melalui JORR oleh PT CTP Tollways akan dikenakan tarif hanya sampai dengan Tarumajaya," ujar Direktur Utama PT CTP Tollways, Ari Sunaryono dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/4). 

Ia juga menambahkan, dengan telah selesainya konstruksi seluruh Seksi 1 sampai dengan Seksi 4, JTCC memberikan alternatif kepada arus kendaraan terutama kendaraan besar di jalan tol Japek dari KM 25 di IC Cibitung langsung menuju ke Cilincing/Pelabuhan Tanjung Priok dengan lancar untuk menghindari kemacetan parah di IC Cikunir yang sering terjadi.

Tidak hanya itu saja, salah satu tol yang akan beroperasi secara fungsional dan gratis adalah Tol Japek (Jakarta-Cikampek) II Selatan.

"Fungsional Japek II Selatan, termasuk yang kita laporkan ke Pak Menhub (Menteri Perhubungan) dan Korlantas (Korps Lalu Lintas) untuk difungsionalkan," ungkap Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit dikutip dari CNBC Indonesia, Sabtu (1/4).

Berikut daftar lengkap ruas tol yang beroperasi fungsional & gratis saat Lebaran:


1. Cinere Jagorawi Seksi 3B: Krukut - Limo 2,2 km

2. Serpong - Cinere Seksi 2: Pamulang - Cinere 3,6 km

3. Cibitung-Cilincing Seksi 4: Taruma Jaya - Cilincing 7,3 km

4. Cileunyi-Sumedang- Dawuan Seksi Cimalaka - Dawuan 28,2 Km

5. Sigli-Banda Aceh Seksi Blang Bintang - Baitussalam 13,2 Km

6. Ciawi - Sukabumi Seksi 2: Cigombong - Cibadak 11,9 km

7. Cimanggis - Cibitung Seksi 2A: Jatikarya - Cikeas 3,5 Km

8. Pasuruan - Probolinggo Seksi 4A: Probolinggo Timur - IC Gending 8,6 Km

9. Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat Seksi Kuala Tanjung - Pematang Siantar 96.5 km dan Seksi Dolok Merawan Sinaksak 20,40 km

10. Jakarta Cikampek II Selatan Paket 3: Kutanegara - Sadang 8.5 Km

11. Solo-Yogyakarta Sebagian Seksi 1.1 6.1 Km

12. Stabat - Tanjung Pura Sebagian Seksi 2 7,2 km

#mudik #jalan-tol #tol-gratis #mobil #lebaran

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.