Ikuti Langkah Toyota Land Cruiser, All New Nissan Patrol Tanggalkan Mesin V8

Bakal menggunakan mesin V6 Twin Turbo
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Jumat, 29 September 2023 14:00 WIB
Berita - Ikuti Langkah Toyota Land Cruiser, All New Nissan Patrol Tanggalkan Mesin V8
Bagikan ke:

OTODRIVER - Kehadiran Land Cruiser 300 sepertinya telah mengusik Nissan untuk segera mempersiapkan SUV rival sejati yakni Nissan Patrol.

Sebuah berita dari Carsguide.com.au membeberkan bahwa pabrikan yang berada di dalam Aliansi tersebut tengah menyiapkan generasi penerus yang konon kelak menyandang kode Y63.

Penampakan sosok Patrol yang diselubungi jubah kamufkase nampak tengah melakukan serangkaian pengetesan di Kawasan Timur Tengah.

Situs lokal car_secrets mengatakan bahwa model yang tengah disamarkan itu merupakan gambaran final dari model yang akan diluncurkan.

Walau masih berupa spekulasi, namun tampaknya Nissan mengikuti langkah Land Cruiser dengan memangkas opsi mesin V8. Walaupun ada kemungkinan V8 tetap hadir di beberapa wilayah dengan jumlah terbatas.

Nampaknya mesin bensin V6 Twin-Turbo akan menjadi mesin utama. Konon mesin ini pun bakal mendeliver tenaga 423 hp, yang artinya lebih besar dari kinerja mesin V8 pada Y62 yang ada saat ini dengan muntahan 396 hp.

Selanjutnya mesin baru tersebut akan diakurkan dengan transmisi otomatis sembilan percepatan.

Foto - Ikuti Langkah Toyota Land Cruiser, All New Nissan Patrol Tanggalkan Mesin V8
Ilustrasi mesin Nissan V6 Twin Turbo 

Mungkin hengkangnya opsi mesin V8 akan membuat beberapa fans Patrol kecewa, akan tetapi Wakil Presiden Korporat Nissan Amerika, Michael Colleran mengatakan bahwa mesin baru yang dijejalkan pada Patrol baru akan disukai konsumen.

“Apakah kita melihat mesin V6 bertenaga dan mesin pembakaran internal lainnya menjadi bagian dari masa depan kita? Tentu saja,” katanya pada CarsGuide.

"Kami sedang mengevaluasi semua opsi untuk Armada (Patroli) berikutnya. Tapi kami akan memiliki powertrain yang sangat berteknologi maju...dan saya pikir konsumen akan menyukainya," lanjutnya.

Selain itu, Australia sebagai salah satu pasar terbesar Patrol nampaknya tengah mempersiapkan Nissan Patrol Warrior yang dibangun berdasarkan model Y62. Model ini dalam proses peluncuran ke konsumen.

Hal ini pun dapat dibaca sebagai tanda bahwa model baru bakalan tersedia setidaknya 12 bulan lagi untuk memberi ruang bagi Patrol Warrior untuk dapat diserap oleh pasar.

Nissan Patrol Y63 melupakan model global yang dijajakan secara luas untuk mengisi ceruk pasar SUV dengan kemampuan heavy duty, termasuk di Amerika.

Lalu bagaimana dengan Nissan Patrol di Indonesia. Berdasarkan pengamatan, Nissan Patrol Y62 masuk secara independen melalui importir umum dan memiliki pasar yang sangat spesifik. (SS)

#nissan-patrol #v6-twin-turbo #rival-land-cruiser

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.