Hyundai Stargazer X Gunakan Pelek 17 inci, Ini Pengaruh Pada Rasa Berkendaranya

Hyundai Stargazer X Gunakan Pelek 17 inci, Ini Pengaruh Pada Rasa Berkendaranya

OTODRIVER - Hyundai Stagazer X resmi meluncur di jalanan Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Selain punya tampilan lebih macho, LSUV ini pun dibekali dengan pelek yang lebih besar dengan ukuran diameter 17 inci. Ini lebih besar dari ukuran versi LMPVnya yang menggunakan pelek berukuran 16 inci.

Dalam media test Stargazer X yang melibas beragam jalanan hingga di sekitar lereng Gunung Merapi, kami rasakan bahwa ada  perbedaan dengan versi LMPVnya, di mana rasa berkendara terasa lebih keras.

Pihak Hyundai pun tidak menampik hal tersebut dan menyebutkan bahwa perubahan tersebut dikarenakan pemakaian pelek yang lebih besar.

“Kami sebut bahwa rasa berkendara Stargazer X lebih ‘firm’ atau lebih tegas dibandingkan dengan versi Stargazer biasa,” tutur Bonar Pakpahan, Product Expert Assistant Manager, PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) saat ditemui di Surakarta (28/08).

Bonar mengatakan bahwa penggunaan pelek 17 inci ini diikuti pula dengan penggunaan ukuran ban yang berbeda.

Profil ban yang lebih tipis sebabkan rasa berkendara sedikit lebih keras

“Pada Stargazer X ukurannya 205/50/17, sedangkan Stargazer menggunakan pelek berukuran 16 inci dengan ban 205/55/16. Dengan profil yang lebih tipis ini berpengaruh pada rasa berkendara jadi terasa sedikit lebih keras,” sambungnya.

Stargazer X menggunakan ban 205/50/R17

Selain itu Bonar menjelaskan bahwa pemilihan ukuran ban tersebut agar diameter roda mendekati versi Stagazer. “Dari ukuran saya tidak bisa bilang sama, namun keduanya mendekati,” bebernya.

Penggunaan lingkar roda yang lebih besar itu pun ternyata berpengaruh pada ground clearance yang menjadi lebih tinggi.

“Semula ground clearance 195mm (pada Stagazer) menjadi 200mm (pada Stargazer X),” pungkasnya.

Hyundai mengatakan bahwa tidak ada perbedaan suspensi antara Stargazer X dan Stargazer. Demikian pula dengan mesin dan transmisi yang digunakan.

Berdasarkan pengamatan kami, walau terasa rada berkendara terasa lebih keras, namun masih dapat ditolerir. Bahkan pada pemakaian di jalan bebas hambatan (toll) rasa berkendara jadi lebih mantap. (SS)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com