Head-Up Display (HUD), Teknologi Pesawat Tempur Yang Dijejalkan Pada Mobil

Head-Up Display (HUD), Teknologi Pesawat Tempur Yang Dijejalkan Pada Mobil

OTODRIVER - Head-up Display (HUD) merupakan salah satu fitur yang relatif umum pada mobil modern.

Melalui fitur ini, pengemudi mendapatkan informasi mengenai kecepatan (speedometer), putaran mesin dan beberapa informasi lainnya melalui tampilan yang ditampilkan pada kaca depan (windshield).

Dikutip dari autoevolution, perangkat HUD pada awalnya digunakan pada pesawat terbang tempur yang muncul pada era tahun 40-an.

Butuh empat dekade sebelum HUD menjadi fitur produksi mobil yang kita kenal saat ini. Di mana pengembangan fitur ini dimulai oleh General Motors (GM) pada era 60-an.

GM mulai mengembangkan unit head-up display  namun proyek tersebut tidak membuahkan hasil sampai tahun 1980an. Perwujudan fitur ini terjadi AC Delco (pembuat suku cadang milik GM)  setelah mengakusisi Hughes Aircraft.

HUD yang dikembangkan di bawah arahan Hughes ini untuk pertama kalinya disematkan pada Oldsmobile Cutlass Supreme produksi tahun 1988.

Tampilannya pun masih cukup sederhana, hanya menunjukkan kecepatan dan lampu sein saja.

Pada saat ini, HUD telah berkembang sedemikian rupa hingga mampu menampilkan informasi lain seperti navigasi dan tampilan informasi lainnya. (SS)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 

Baca Juga

     
    Rekomendasi

    Bus-truck.id

      Otorider.com