Gunakan 15% Tenaga Robot, Bridgestone Bisa Produksi 30.000 Ban Perhari

Gunakan 15% Tenaga Robot, Bridgestone Bisa Produksi 30.000 Ban Perhari

OTODRIVER - Dalam kunjungan Otodriver ke PT Bridgestone Tire Indonesia yang berlokasi di Karawang. Mereka sekaligus memperlihatkan proses pembuatan ban yang tampak begitu modern.

Mukiat Sutikno selaku Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia mengatakan, pabrik Bridgestone di Karawang punya kapasitas produksi 30 ribu ban sehari. Namun, realisasinya tergantung permintaan konsumen.

"Kapasitas produksi 30 ribu sehari. Saat ini kita sudah (memanfaatkan) 85 persen dari total kapasitas produksinya," ujar Mukiat Sutikno saat ditemui di pabrik Bridgestone Karawang, Jawa Barat, Rabu (15/11).

Dalam peluncuran ban Bridgestone Ecopia

Menurut Mukiat, meski pabrik Bridgestone di Karawang banyak dioperasikan robot dan mesin, namun proses produksi masih lebih dominan dikerjakan tangan-tangan karyawan. Bahkan, katanya, perbandingannya cukup jauh.

"Mayoritas kita masih lebih ke karyawan atau human side, kalau bisa saya katakan robotik-nya 10-15 persen, masih banyakan human touch-nya. Bahkan untuk final touch mayoritanya karyawan," ungkapnya.

Sementara melalui pemaparannya, salah satu penanggung jawab di pabrik Bridgestone Karawang, Kiki menjelaskan, ruang produksi tersebut beroperasi selama 24 jam penuh dengan pembagian tiga shift kerja. Produk yang dikerjakan di sana lebih difokuskan pada kendaraan penumpang. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com