Bisakah Suzuki Grand Vitara Diproduksi di Indonesia?

Bisakah Suzuki Grand Vitara Diproduksi di Indonesia?

Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, Suzuki memperkenalkan generasi kelima Grand Vitara. Kehadiran Suzuki Vitara di Indonesia cukup menjadi perhatian masyarakat, salah satu alasannya karena punya desain menarik dan kenyamanan saat dikendarai.

Grand Vitara sendiri dikenal sebagai Medium SUV yang cukup diminati di Indonesia. SUV ini pertama kalinya hadir di Indonesia pada tahun 2005 menggantikan sosok Escudo di Tanah Air dan terus dipasarkan hingga tahun 2015.

Meskipun memiliki daya tarik bagi konsumen Indonesia, sejatinya mobil ini masih berstatus completely build up (CBU) atau impor utuh dari India layaknya Ignis, S-Presso, dan Baleno Hatchback. Terkait hal itu, apakah akan ada peluang Grand Vitara diproduksi di Indonesia?

Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donnel mengatakan, pihaknya akan mengupayakan Grand Vitara diproduksi di Indonesia.

"Kalau demand memang tinggi, kita pasti akan mengupayakan untuk produk lokal. Kita selalu open, karena Indonesia juga punya bargaining posisi yang cikup tinggi untuk Suzuki Global, selain Jepang dan India," ujar Harold pada ajang IIMS 2023, Rabu (22/2).

Ia juga menambahkan, Suzuki juga tengah melakukan studi terkait peluang memproduksi Suzuki Grand Vitara di Indonesia. Studi tersebut menurutnya telah dimulai sejak pameran IIMS 2023.

Sebelumnya pada tahun 2018, Suzuki Jepang menghentikan produksi Grand Vitara sehingga Suzuki Indonesia juga turut menghentikan penjualannya pada tahun yang sama.

Sementara itu, terdapat juga beberapa mobil Suzuki yang diproduksi di Tanah Air di antaranya APV, New Carry, All New Ertiga dan XL7 di mana berhasil mencatat pencapaian 3 juta unit produksi pada Desember 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com