Akan Hadir Teknologi yang Dapat Mengurai Kemacetan di Indonesia

Akan Hadir Teknologi yang Dapat Mengurai Kemacetan di Indonesia

Beberapa kota besar di Indonesia terkenal dengan kemacetan, misalnya DKI Jakarta. Kondisi tersebut tentu sangat menjengkelkan bukan?

Namun tenang saja, ada kabar baik dari PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (PT TKDN) menghadirkan sebuah teknologi terbaru yang berfokus untuk mengurai kemacetan di persimpangan lampu merah.

Hal tersebut didasari Intelligent Traffic Control System (ITCS) atau sistem pengendalian lalu lintas cerdas, bahkan akan disebar di beberapa kota besar di Indonesia.

"Sistem tersebut mampu mendeteksi penumpukan kendaraan saat terjadi antrean di lampu merah," kata CEO PT TKDN David Santoso, dikutip dari laman Antara.com.

Lebih lanjut ia mengatakan nantinya sistem tersebut juga dapat menyesuaikan lampu lalu lintas dengan padatnya arus kendaraan di setiap ruas jalan, sehingga tidak terjadi penumpukan di lampu merah selanjutnya.

Sistem tersebut sudah dilengkapi dengan Teknologi AI Digital Twinning 3D Generasi ke-5 sehingga berbeda dengan ITS Traffic Light yang telah ada. PT TKDN mengklaim bahwa teknologi terbaru itu memiliki beberapa fitur yang dapat diunggulkan seperti Self Adjustment Time, Bus Priority serta fitur Traffic Flow Control.

Dimana beberapa fitur memiliki keunggulan tersendiri, sebut saja Self Adjustment Time dapat bekerja untuk memonitor setiap kaki samping secara terkini. Bahkan fitur tersebut dapat bekerja melalui kamera yang dipasangkan pada masing-masing persimpangan jalan, dan nantinya akan menginformasikan kepada sistem kontrol mengenai kondisi lalu lintas secara terkini.

Sementara itu untuk fitur Bus Priority, PT TKDN menyebut bahwa lampu lalu lintas akan beradaptasi guna meningkatkan kelancaran perjalanan kendaraan serta ketepatan waktu dari transportasi umum berdasarkan pantauan kamera cerdas yang dapat melakukan identifikasi kendaraan umum, termasuk bus, serta dikualifikasikan berdasarkan bentuk kendaraan dan plat nomer kendaraan sehingga fungsi itu menjadi andalan.

"Tentu sangat memungkinkan untuk mengatur lampu lalu lintas di jalan, agar kendaraan prioritas seperti ambulans atau tidak terganggu, bahkan transportasi umum seperti bus atau taksi yang mendekati lampu lalu lintas dapat didahulukan dibanding mobil pribadi," paparnya.

Nah bagaimana pendapat Anda? Tentu sangat membantu untuk kelancaran berada di jalan.
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com