Subaru Forester Facelift Meluncur Bulan Depan

Subaru Forester Facelift Meluncur Bulan Depan

Sama-sama kita ketahui bahwa Subaru telah kembali menjual mobilnya di tanah air. 10 unit lansiran baru juga telah didistribusikan ke konsumen yang sudah memesannya sejak Mei lalu.

Namun berbeda dengan di Indonesia, di Negeri asalnya Jepang, Subaru Forester telah beredar dalam versi facelift, yang kembali mendapatkan upgrade untuk pasar Jepang.

Seperti dilansir website resmi Subaru, update ini berlaku untuk varian terbaru sekaligus tertinggi yaitu Forester STI Sport. Subaru tidak melakukan peningkatan performa untuk varian STI Sport ini, melainkan hanya membuat tampilannya menjadi semakin sporty dari semua Forester.

Dari eksteriornya, Forester STI Sport mendapat peningkatan berupa pelek alloy 18 inci dengan sentuhan desain lima palang. Kemudian beberapa bagian body seperti skid plate di depan dan belakang berubah warna menjadi gloss black. Warna yang sama diaplikasi juga pada intake depan, side sill cladding, spion luar, diffuser belakang, dan spoiler belakang.

Emblem logo STI berwarna merah menghiasi beberapa bagian eksterior, seperti grill depan dan pintu bagasi. Tapi emblem ini hanya menandakan sifatnya yang sekadar aksesoris, bukan menjadi versi performa penuh seperti Forester STI. Layaknya seperti model BMW dengan trim M Sport atau Mercedes-Benz dengan label AMG Line, hanya mendapat upgrade dari sisi aksesoris.

Sementara upgrade di interior meliputi balutan material kulit Nappa dan Bordeaux di jok, pintu, konsol tengah, dan tentunya dashboard. Material ini tampil dengan warna kombinasi merah dan hitam. Aksen piano black ikut menghiasi beberapa bagian kabin. Meter cluster tampil lebih sporty dengan interface ala STI Sport. Subaru memberikan opsi fitur untuk Forester STI Sport berupa pintu bagasi elektrik dan ADAS (advanced driving assist system) dari EyeSight Safety Plus.

Meski upgrade yang diberikan cenderung bersifat aksesoris saja, tapi Subaru tidak lupakan sisi teknis untuk ikut disentuh. Kaki-kakinya mengadopsi damper dari Hitachi Astemo SFRD di depan yang disetel oleh STI. Sementara di belakang juga diberikan setelan unik, agar karakter handling SUV ini bisa mengimbangi kelincahan sedan sport.

Soal mesin, unit boxer empat silinder 1.800 cc dengan turbocharger bawaan Forester tidak diutak-atik. Performanya tetap dengan tenaga 175 HP dan torsi 300 Nm. Transmisi CVT terintegrasi dengan sistem penggerak Symmetrical AWD yang menjadi teknologi khas Subaru. Apa yang didapat pada Forester STI Sport kurang lebih sama seperti yang ditawarkan Subaru melalui Levorg dan WRX S4 yang punya varian STI Sport.

Sejauh ini diketahui bahwa Subaru hanya akan meluncurkan Forester STI Sport untuk pasar Jepang. Peluncurannya dijadwalkan pada tanggal 25 Agustus 2022 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com