Rem Belakang Mobil Nyala Terus, Ini Penyebabnya

Rem Belakang Mobil Nyala Terus, Ini Penyebabnya

Pengendara akan merasa terganggu jika lampu rem mobil mengalami masalah, biasanya akibat lampu rem yang menyala terus. Jika masalah ini terus dibiarkan bisa terjadi kecelakaan lalu lintas. Misalnya kejadian tabrakan belakang yang terjadi karena pengendara di belakang mobil Anda kebingungan menentukan apa yang sedang Anda lakukan.

Lampu rem nyala terus bisa terjadi karena banyak faktor. Selain bola lampu yang putus, masalah yang biasa terjadi pada lampu rem yakni tidak berfungsinya switch yang menjadikan lampu rem mobil nyala terus.

Namun dalam beberapa kasus, ada yang mengeluhkan lampu rem yang terus menyala meski tidak digunakan. Lantas, apa penyebab lampu rem mobil nyala terus? berikut penjelasanya yang dilansir dari Auto 2000.

1. Masalah pada Switch Rem

Penyebab pertama rem mobil menyala terus menerus adalah karena switch rem yang rusak. Fungsi switch rem sendiri adalah untuk menyambung dan memutuskan aliran listrik dari baterai yang menyuplai lampu rem.

Saat pedal rem diinjak, tuas switch akan terdorong keluar oleh komponen pegas dan memerintahkan arus listrik untuk menyalakan lampu rem. Nah, saat pedal dilepas oleh pengemudi, listrik akan padam dan lampu rem akan mati dengan sendirinya.

Usia switch rem juga menjadi pemicu, short circuit bisa terjadi karena komponen ini sudah aus hingga per didalamnya sudah tidak fleksibel dan otomatis lampu rem akan terus menyala hingga tidak bisa dimatikan.


2. Terjadi Masalah Pada Sistem ABS

Rem ABS berfungsi untuk mencegah rem terkunci ketika menginjak pedal rem. Dalam beberapa kasus, lampu indikator rem mobil terus menyala adalah karena ada masalah dengan sistem ABS.

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus mengunjungi bengkel terdekat agar bisa dilakukan penanganan oleh para ahli.

3. Karet Penahan Rem Lepas

Pada mobil yang memiliki penghenti karet pada switch rem, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab lampu rem mobil menyala terus. Penyebab utamanya adalah karena karet penahan switch rem lepas dan jatuh, Kondisi tersebut mengakibatkan switch masih terhubung walaupun pedal rem telah lepas dan menjadikan lampu stop lamp menyala terus.

4. Terjadi Masalah Pada Dudukan Rem

Salah satu penyebab yang paling umum mengapa lampu rem mobil menyala terus adalah karena dudukan rem mengalami masalah. Biasanya, hal yang paling sering terjadi adalah karena dudukan switch rem sudah keluar jalur.

Cara mengatasi hal ini adalah dengan menyetel ulang kedudukan switch rem pada mobil Anda. Pertama, Anda perlu mengendorkan baut pengunci switch rem yang terpasang pada mobil Anda.

Selanjutnya, putar switch rem ke arah luar sehingga switch rem mendekati pedal rem. Lakukan dengan hati-hati agar lebih mudah untuk memasangnya kembali seperti semula.

Lalu, lakukan tes terlebih dahulu dengan menginjak atau melepaskan pedal rem secara perlahan. Ketika tes berhasil dan kondisi sudah kembali normal, maka Anda dapat memasangnya kembali seperti sebelumnya.

Jika cara tadi tidak membuahkan hasil, tidak ada salahnya langsung membawa mobil ke bengkel resmi terpercaya agar mobil anda ditangani oleh tangan yang tepat.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com