Nissan Serena Mild Hybrid Segera Meluncur, Simak Bocoran Spesifikasinya

Nissan Serena Mild Hybrid Segera Meluncur, Simak Bocoran Spesifikasinya

Saat ini Nissan sudah menjual mobil-mobil ramah lingkungan di Indonesia. Sebut saja Kicks e-Power dan juga LEAF yang sudah melenggang sejak tahun lalu.

Namun demikian, kabar terbaru menyebutkan bahwa Serena Hybrid telah masuk pasar ASEAN. Di mulai dari Negeri Jiran yang sudah kedatangan lawa terberat Voxy ini.

Bermula dari peluncurannya di Jepang pada 2019 silam, Nissan baru bisa menjual model ini keluar karena terdampak krisis chip dan pandemi Covid-19.

Saat ini, Malaysia telah menawarkan dua model Serena mild Hybrid yang dibanderol mulai 149,888 ribu ringgit, atau setara Rp 507 jutaan.

Seperti dikatakan Paultan.org, teknologi baru yang disematkan pada Serena facelift itu serupa dengan Suzuki Ertiga Hybrid di pasar Indonesia. Cara kerja S-Hybrid, bukan seperti e-Power yang dimiliki Nissan Kicks, atau LEAF. 

Artinya tidak ada motor listrik yang akan memutar roda, melainkan hanya bermodal baterai berukuran kecil untuk membantu memberikan dorongan tenaga ke mesin saat mobil mulai berjalan, dari kondisi diam.

Serupa dengan mild hybrid Ertiga, namun tenaga yang diberikan untuk membantu mesin Serena baru itu menggerakan roda depan cukup besar, setara 48 Nm. Daya dari baterai disalurkan melalui Energy Control Motor. 

Dengan terbantunya akselerasi awal, pabrikan asal negeri sakura itu mengklaim penggunaan bahan bakar menjadi lebih irit. Ditambah hadirnya fitur idling start stop, di mana mesin dapat mati, dan hidup secara otomatis. 

Dalam kondisi macet, atau berhenti di lampu merah mesin otomatis akan mati. Sehingga tidak ada bahan bakar yang terbuang, dan akan kembali hidup ketika penggunanya ingin berjalan. 

Berdasarkan pengujian internal, catatan konsumsi bahan bakarnya 14,2 kilometer per liter. Nissan tetap mengandalkan mesin yang sama dengan versi sebelumnya, dan masih mengandalkan transmisi matik CVT Xtronic.

Namun ada beberapa ubahan, dan penambahan kosmetik yang membuat penampilan Serena facelift lebih mewah. Sistem hiburan ditingkatkan untuk varian Highway Star, head unit layar sentuh dari 6,7 inci menjadi 9 inci. 

Dapat terhubung dengan smartphone melalui Apple CarPlay, dan Android Auto. Untuk penumpang belakang terdapat layar besar berukuran 11,6 inci di bagian atap, sebelumnya hanya 10,1 inci. Kursi baris kedua tetap captain seat.

Sebagai pesaing Toyota Voxy di Indonesia, Serena masih dibekali mesin bensin 1.997cc berkode MR20DD yang serupa dengan versi sebelumnya. Namun tenaga yang dihasilkan meningkat, dari 137 HP menjadi 147,9 HP, dengan torsi puncak 199 Nm.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com