Mitsubishi New Xpander Cross, Dilengkapi AYC, Fitur Yang Diturunkan dari Lancer Evo

Fitur ini membuat mobil mampu berbelok dengan kecepatan tinggi secara rapi
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Sabtu, 20 Agustus 2022 13:15 WIB
Berita - Mitsubishi New Xpander Cross, Dilengkapi AYC, Fitur Yang Diturunkan dari Lancer Evo
Bagikan ke:

Salah satu keistimewaan dari Mitsubishi New Xpander Cross adalah disematkannya fitur Active Yaw Control (AYC), sebuah fitur yang dahulu menjadi salah satu kunci kesaktian Lancer Evolution saat itu.

Lalu apakah sebenarnya AYC itu?

Sistem ini hadir untuk menjaga performa saat menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan. Dengan demikian kestabilan kendaraan tetap terjaga saat bermanuver di tikungan dengan cepat ataupun kondisinya licin.

Sistem AYC akan melakukan pengereman pada roda depan di bagian dalam tikungan, meminimalkan understeer dan memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang lebih dekat dengan yang diinginkan pengemudi.

Sistem ini kinerjanya terintegrasi dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC),

AYC bekerja dengan mengunakan beberapa sensor yang terpasang pada masing-masing roda, sensor steering angle, sensor putaran mesin dan rem. Kesemuanya bekerja secara bersamaan.

Semisal mobil bermanuver belok kanan, maka ban depan kiri sedikit direm agar mobil tetap stabil. Begitu juga sebaliknya. Dengan demikian gejala understeer akan tereduksi atau malah hilang dan mobil tetap stabil di atas lajur.

Namun perlu dipahami bahwa fitur  AYC fitur ini hanya bekerja di kondisi ekstrem saja. Jika manuver dalam kecepatan tinggi tapi belok dengan cara lembut seperti di jalan tol, maka fitur ini tidak aktif.

#ayc #xpander-cross #mitsubishi

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.