Mencicip C+pod, Si Ultra Compact Dari Toyota

Mencicip C+pod, Si Ultra Compact Dari Toyota

Salah satu yang menarik dari acara Joint Project EV Ecosystem di Nusa Dua Bali (27/07) adalah kehadiran mobil-mobil dengan elektrifikasi. Ada dalam deretan sosok mobil ultra compact dari Toyota yakni C+pod.

Sebenarnya mobil ini bukan hal yang baru. Untuk pertama kalinya C+pod diluncurkan di Jepang tepat pada 25 Desember 2020. Dan ditawarkan dalam dua opsi trim level yakni C+pod X dan G. Bahkan mobil ini sudah menyapa publik Indonesia ada 2021 silam.

Dan pada kesempatan yang terbatas, kami mencoba C+pod dengan tipe G.

Mobil mungil ini hanya memuat 2 penumpang saja. Dengan kabinnya yang cukup kecil ternyata bisa memuat 2 penumpang dewasa dengan berbagai variasi ‘dimensi’ dengan cukup lega.

Untuk menjalankan mobil ini, cukup pencet tombol D yang ada pada dasbor dan mobil bisa dikemudikan dengan normal.

Kemudi pada saat mobil ini terasa berat dikarenakan tidak adanya fitur power steering, namun saat berjalan kemudi menjadi lebih ringan.

Secepat Apa C+pod?

Mobil listrik memang mendapatkan torsi penuh sejak pedal akselerator diinjak. Namun jangan berharap akan mendapatkan ‘jambakan’ seperti halnya sebuah Tesla.

Kinerja motor listrik 1RM dengan output 9,2 kW (atau setara 12,3 hp) dan torsi 56 Nm jelas tidak akan menyodorkan kinerja yang buas. Namun cukup untuk mobil dengan dimensi (PxLxT) panjang 2.490 mm, lebar 1.290 mm, dan tinggi 1.550 mm. Radius putarnya cukup 3,9 m ini.

Baterai mobil ini bisa diisi penuh dalam 5 jam pengisian daya standar yakni 200V/16A dan 16 jam pengisian daya 100 V/6A. Kabel pengisiannya dapat terhubung langsung ke stopkontak.

C+pod bisa berjalan dengan kecepatan  puncak 60 km/jam dan mampu menempuh jarak 150 untuk sekali pengisian. Namun jika AC dinyalakan, jarak ini akan terkoreksi. Dari beberapa sumber mengatakan bahwa jaraknya hanya akan tinggal 80 km saja.

Senyaman Apakah?

Dengan dimensi dan wheelbase sedemikian kecil, tidak bisa diharapkan untuk bisa mendapatkan mobil yang cukup nyaman. Getaran pada mobil ini akan sangat terasa saat melintas di atas jalanan yang tidak rata.

Akan tetapi setelah berada di jalanan mulus, maka mobil berjalan dengan mulus bahkan tergolong senyap.

Mobil ini pun tidak dilengkapi dengan perangkat audio yang membuatnya terasa semakin senyap.

 

Harga

Harga yang kami cicip ini saat barunya dibanderol di angka 1.716.000 Yen (2020) atau sekitar Rp 192 jutaan (nilai tukar 2022 1 yen= Rp 111,61

Pada saat ini Toyota C+pod sudah bisa disewa oleh para turis di The Nusa Dua, namun belum dijual bebas di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com