Kenalin Mobil Buatan Mahasiswa Indonesia, Konsumsi BBM 1.143 km per Liter

Kenalin Mobil Buatan Mahasiswa Indonesia, Konsumsi BBM 1.143 km per Liter

Ditengah naiknya harga BBM pastinya pengendara kendaraan bermotor lebih berhemat dalam menggunkan bensin. Tetapi, terdapat sebuah mobil prototipe yang dibuat oleh para mahasisiwa Universitas Indonesia. Mobil yang diberi nama Nakoela ini ini memiliki desain bentuk seperti kapsul yang berwarna merah.

Demi menempuh jarak yang jauh namun irit bahan bakar, mobil ini sempat memecahkan rekor nasional dengan mendapatkan angka konsumsi BBM sebesar 1.143 km per liter. Mengendarai mobil ini pun cukup berbeda karena harus posisi tengkurap dengan menggunakan bahan bakar Shell V-Power (RON 95).

Untuk spesifikasinya, Mobil prototipe ini dilengkapi mesin motor konvensional berkubikasi 110cc dengan kecepatan maksimal 40 km/jam. Untuk bodynya, menggunakan sasis monokok dari bahan karbon fiber, total berat mobil ini adalah 45 kg.

"Dari mobil ini yang kita memodifikasi mesinya dengan menghilangkan alternator, kemudian ECU juga kita modifikasi untuk memainkan putaran mesin atau rpm-nya," ujar Manager Tim Universitas Indoensia, Rayhan Danendra di Jakarta, (6/9).

Ia juga menambahkan, mesin diubah untuk untuk mengejar bobot yang lebih ringan dan efisiensi penggunaan bahan bakar. Kompresi tinggi pada mesin sangat bagus untuk putaran mesin rendah sehingga memberikan torsi yang lebih instan dan bisa memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

"Mesin itu ada yang namanya spesific fuel consumtion atau SFC, itu dianalisa pakai dyno atau software khusus, dari sana bisa dilihat rentang rpm yang pas untuk mendapatkan hasil konsumsi bahan bakar yang paling efisien," ucap Rayhan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com