Chery Tiggo 8 Pro, Membidik Supremasi SUV Diesel Mainstream

Chery Tiggo 8 Pro, Membidik Supremasi SUV Diesel Mainstream

PT Chery Sales Indonesia tengah mempersiapkan kehadiran SUV premiumnya yakni Tiggo 8 Pro. Rencananya SUV yang berdiri di atas platfrom T1X ini pada sekitar akhir Oktober 2022.

Pastinya SUV ini akan mengusung mesin bensin 4 silinder turbo yang mampu menghadirkan kinerja yang cukup buas yakni 250 hp dan torsi 390 Nm.

Pihak Chery belum membuka mengenai harga yang akan dicantelkan, namun diperkirakan akan mulai ditempatkan sekitar angka Rp 550 jutaan.

Apabila benar kelak di kisaran angka itu, maka mobil ini punya kesempatan untuk main di liga yang SUV mainstream. Posisi tawar yang cukup yang cukup menarik lantaran banderolnya berada di bawah sang penguasa pasar SUV saat ini dikuasai oleh duo SUV diesel yakni Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport Dakar.

Mungkin sedikit ekstrim jika membandingkan dengan SUV bermesin diesel yang laris manis tersebut, lantaran Tiggo menggunakan mesin bensin. Namun pemikat utama new comer ini adalah pada kinerja mesinnya.

Tiggo 8 Pro yang mengusung mesin bensin 2.000 cc TGDI (Turbo Gasoline Direct Injection) dengan tendangan daya 250 hp dan torsi 390 Nm yang diakurkan dengan transmisi 7 percepatan dual clutch.

Bandingkan dengan Toyota Fortuner bermesin 2.4 liter mampu menggelontorkan daya 148 hp dan torsi 400 Nm. Sedangkan Pajero Sport Dakar menabuh daya 179 hp dengan torsi 430 Nm.

Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui berapa konsumsi bahan bakar untuk Tiggo 8 Pro dengan mesin 2.0 liter. Namun jika mengacu pada versi mesin lainnya yakni 1.6 liter TGDI, punya hasil yang cukup menarik. Pabrikan mengklaim tingkat konsumsinya berada di angka 6.8 liter/100 kilometer, atau 14,7 kilometer untuk tiap liter BBM.

Sedikit berandai-andai. Dari sisi volume, mesin 2.0 liter lebih besar 25% dibanding tipe 1.6 liter. Maka asumsi kasar konsumsi BBM tipe 2.0 liter pun 25% lebih boros dari tipe mesin 1.6 liter kira-kira di angka 11 kilometer untuk tiap liter BBM. Apabila benar di angka itu maka akan sangat menarik.

Pemikat lain untuk SUV asal Tiongkok lainnya adalah melimpahnya fitur-fitur kenyamanan maupun keselamatan yang belum ditawarkan pada rival dieselnya itu.

Ambil contoh fitur keselamatan ADAS (Advanced Driver Assistance System) yang menyediakan fitur seperti Lane Departure Warning (LDW), Blind Spot Detection (BSD), Adaptive Cruise Control (ACC), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Engine Brake (AEB), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Door Opening Warning (DOW), Traffic Sign Recognition (TSR), Intelligent High Beam Control (IHC), dan Around View Monitor (AVM).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com