Waspada Samber Mata, Momok Mengerikan Tol Trans Jawa Menjelang Malam

Waspada Samber Mata, Momok Mengerikan Tol Trans Jawa Menjelang Malam

Tol Trans Jawa sudah rampung sejak beberapa tahun lalu. Bahkan tol ini menyambungkan Pelabuhan Merak hingga Kota Probolinggo dengan jarak lebih dari 1.000 km.

Selain menyenangkan, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melintas di tol Trans Jawa. Selain kontur jalan, titik-titik rest area, ada satu fenomena menarik yang bisa dikatakan cukup menyeramkan tepatnya terjadi saat pergantian hari dari sore ke malam. Lokasinya pun cukup spesifik yakni saat melintasi areal persawahan dan melintas sungai, khususnya Bengawan Solo.

Pastinya ini tak ada hubungannya dengan keberadaan makluk astral seperti pocong atau kuntilanak. Melainkan berhadapan dengan serangga yang hanya keluar antara waktu Magrib ke Isya dalam jumlah ribuan.

Yang terjadi adalah ribuan serangga tersebut menabrak kaca depan (windshield) mobil anda dan membuat kekacauan di sana dengan meninggalkan bangkai yang menutup kaca depan dan bagian mobil lainnya.

Lebih horor lagi, ketika kita mengaktifkan wiper, harapan anda supaya kaca bersih tidak akan terjadi. Bangkai serangga yang telah buyar di permukaan kaca justru semakin rata saat berusaha dihapus dengan sapuan wiper.  

Well, bagi masyarakat di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, serangga ini dikenal dengan sebutan Samber Mata. Awalnya, istilah ini serangga ini digunakan lantaran menyerang mata pengguna sepeda motor saat sore menjelang malam hari di daerah persawahan atau sungai. Bahkan tidak tanggung-tanggung. Efek yang dihasilkan oleh Samber Moto ini hingga ke iritasi mata.

Kini, Samber Moto tidak hanya menyerang penglihatan pemotor, namun juga pengendara mobil yang melintasi Tol Trans Jawa karena 90 persen Tol Trans Jawa melintasi area persawahan yang menjadi habitat serangga ini.

Mungkin serangan Samber mata ini bisa dihindari dengan mengatur ulang waktu perjalanan dan mencari rest area pada waktu mahluk itu gentanyangan (sekitar Maghrib hingga Isya). Dan bagi yang terlanjur menabrak serangga ini, segeralah berhenti untuk mencari tempat yang aman seperti rest area terdekat dan membilas permukaan kaca dengan air.

 

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com