Toyota Raize 1.200 cc Tidak Gunakan Mesin Calya-Sigra?

Toyota Raize 1.200 cc Tidak Gunakan Mesin Calya-Sigra?

Hari ini Toyota dan Daihatsu mengumumkan secara resmi produk kolaborasi mereka yakni Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, hari ini Rabu (28/04). Kedua benar-benar akan menggelinding di jalanan Indonesia secara resmi pada Jumat 30 April nanti, alias masih beberapa hari lagi.

Mesin seribu turbo sudah pasti akan menjadi daya tarik tersendiri bagi crossover mini ini. Tapi ternyata dari kabar burung yang ada, konon mesin 1.200cc yang bakal digunakan  bukan mesin yang dijejalkan pada unit Calya Sigra. Salah satu kantor berita nasional mengabarkan bahwa bahwa Raize bermesin 1.200 cc dikabarkan tidak menggunakan varian mesin yang sama dengan yang digunakan duo Calya-Sigra yakni 3NR-VE. Melainkan akan menggunakan tipe mesin baru 3 silinder yang juga bervolume 1.200cc. Sayang tidak diketahui apakah mesin ini juga akan dibenamkan pada Rocky.

Mesin baru ini punya volume mesin 1.198 cc alias 1 cc lebih besar dari mesin 4 silinder dari keluarga 3NR. Dari segi lecutan daya mesin Raize ini menyembur daya 88 PS, lebih besar dari Calya yang bertengger di angka 86,7 PS. Demikian pula dengan torsinya mampu mengail 112,7 Nm/4.500 cc rpm. Sedangkan Calya hanya 108 Nm/4.200 rpm.

Mungkin kehadiran mesin ini diperuntukkan untuk lebih klop dengan penggunaan opsi transmisi CVT. Seperti kita ketahui bahwa Calya -Sigra memiliki opsi transmisi matik konvensional 4 percepatan.

 

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com