Keren! Indonesia Bakal Punya Pabrik Baterai Mobil Listrik Pertama Di Asia Tenggara!

Keren! Indonesia Bakal Punya Pabrik Baterai Mobil Listrik Pertama Di Asia Tenggara!

Dunia mobil ramah lingkungan seakan makin serius di Indonesia. Setelah cukup banyak merek mobil yang menghadirkan mobil listrik di tanah air, kini Indonesia bakal punya pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia, bahkan pertama di Asia Tenggara!

Proses peletakan batu pertama ini diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

"Hari ini kita menyaksikan terobosan pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara, milik PT HKML Battery Indonesia di Kompleks Karawang New Industrial City, Kabupaten Karawang," tulis Jokowi dalam unggahan di Instagram pribadinya, Rabu (15/9).

Menurut rilis yang kami terima dari Hyundai, Pabrik ini akan memulai produksi pada tahun 2024 dengan kapasitas tahunan mencapai 10 GWh sel baterai, yang mana cukup untuk kebutuhan lebih dari 150.000 kendaraan listrik baterai berbasis E-GMP.

“Hyundai Motor Group terus fokus mengembangkan kemampuannya agar dapat menjadi pemimpin global di pasar kendaraan listrik, yang mana menjadi kunci daya saing di masa depan. Keberadaan pabrik ini adalah bagian dari upaya tersebut,” ungkap Euisun Chung, Chairman Hyundai Motor Group.

Pabrik baru untuk manufaktur sel baterai ini akan dibangun di atas sebidang tanah seluas 330.000 meter persegi. Pembangunan pabrik akan diselesaikan pada semester pertama tahun 2023, sedangkan produksi sel baterai secara massal di fasilitas baru ini diharapkan dapat dimulai pada semester awal tahun 2024.

Saat beroperasi secara penuh, fasilitas ini ditargetkan dapat memproduksi 10 GWh sel baterai lithium-ion dengan bahan katoda NCMA (nikel, kobalt, mangan, aluminium) setiap tahunnya, yang mana cukup untuk memenuhi kebutuhan 150.000 unit BEV. Selain itu, fasilitas ini juga akan disiapkan untuk meningkatkan kapasitas produksinya hingga 30 GWh agar dapat memenuhi pertumbuhan permintaan BEV di masa yang akan datang.

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com