FIRST DRIVE: New Hyundai Santa Fe

FIRST DRIVE: New Hyundai Santa Fe

Setelah resmi diperkenalkan untuk pasar Indonesia, PT Hyundai Motors Indonesia (HMI) mengajak awak media untuk mencicipi langsung New Santa Fe di sekitaran Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara pada 9 April 2021.

Mengingat dalam peluncuran virtualnya, Makmur selaku COO HMI mengatakan jika produk ini merupakan varian yang cocok untuk keluarga Indonesia.

Maka dari itu kami datang untuk menguji beragam fitur yang dihadirkan. Kebetulan kami langsung mencoba New Santa Fe tipe tertinggi bensin, yaitu tipe G.2.5 6AT Signature yang dijual Rp 678 juta.

Sebelum masuk mobil, kami diberi demonstrasi cara mengaktifkan fitur engine on, mobil ini dapat distarter dari jarak 10 meter. Meski begitu akan tetap aman, karena pintu tetap akan terkunci sebelum pemilik masuk ke dalam mobil.

Sesaat masuk ke dalam kabin. Kami langsung terkesima dengan kemewahan dan elegannya kabin. Warna camel/cokelat dipilih demi menghadirkan kabin yang lebih sejuk.

Selain kursinya tebal, pengaturan kursi juga sangat lengkap. Alhasil pengemudi dapat mencari posisi duduk paling nyamannya ketika mengendarai New Santa Fe.

Lalu, mencoba dijalankan. SUV ini memiliki Surround View Monitor (SVM) yang menghadirkan tampilan seluruh kendaraan dengan sudut pandang 360-degree sehingga memudahkan pengemudi mengendalikan kendaraan terutama di area yang cukup sempit. Selain itu, Santa Fe juga dilengkapi dengan 6 SRS Airbags.

Adalagi fitur keselamatan seperti Forward Collision-Avoidance Assist (FCA). Ini adalah sebuah sistem yang secara otomatis memberikan peringatan akan adanya potensi risiko tabrakan dari arah depan.

Selain itu terdapat juga Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA). Fitur ini dapat mendeteksi serta memantau kendaraan yang datang dari arah belakang.

Serta membantu menghindari potensi benturan atau tabrakan dengan mengaktifkan rem secara otomatis jika diperlukan. Sistem keamanan ini juga kini mencakup situasi ketika sedang melakukan proses parkir secara paralel.

Kemudian mobil ini juga dilengkapi oleh Blind-Spot View Monitor (BVM) yang menampilkan area blind spot di bagian belakang mobil. Tampilan visual BVM terletak di panel cluster mobil.

Sayang, area yang terbatas membuat kami kesulitan mencoba performa mesinnya. Padahal jantung pacu 2.500 cc dengan transmisi 6-speed otomatik terbaru, mampu menghasilkan tenaga 180 ps dan torsi 232 Nm. Bahkan tenaganya lebih besar 8 ps dan torsi 7 Nm ketimbang model sebelumnya. Tentu akan sangat menyenangkan mengemudikannya dalam kecepatan tinggi.

Apalagi suspensi MacPherson Strut di depan dan Multi-link di belakang membuat mobil ini begitu stabil, dan tetap empuk meskipun melewati jalan dengan kontur tidak rata.

Di akhir putaran, kami mencoba mengganti drive mode. Karena mobil ini sudah memiliki empat mode berkendara, antara lain Comfort, Eco, Sport dan Smart. Semua dapat disesuaikan dengan gaya berkendara masing-masing. Sport untuk yang menginginkan power lebih besar, ECO untuk yang mengemudi irit, Comfort lebih nyaman sementara Smart dapat mengkombinasikan ketiganya, sesuai gaya berkendara Anda.

Dan fitur yang terakhir kami coba, ialah Fitur keamanan lainnya yang juga dimiliki oleh mobil ini adalah Electric Child Lock (ECL). Lalu Safe Exit Assist (SEA) yang dapat membantu menghindari terjadinya benturan apabila penumpang di baris kedua akan keluar dari mobil saat ada kendaraan yang datang dari arah belakang.

Selain itu terdapat juga Rear Occupant Alert (ROA) yang memberikan peringatan bagi pengemudi untuk memeriksa apakah masih ada penumpang di bagian belakang ketika sedang keluar dari mobil yang digunakan.

Meskipun singkat, kami merasa puas mencoba salah satu SUV dengan fitur terlengkap yang ada di Indonesia ini. New Santa Fe menawarkan kenyamanan berkendara serta hadir dengan tampilan yang lebih menarik berkat ubahan pada grill, aksen lampu depan T dan lekukan bumper depan. Kemudian ada garis horizontal di belakang. Serta pelek 18 inci yang lebih sporty.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com