Daihatsu Mulai Kupas Tipis-Tipis Teknologi Rocky

Daihatsu Mulai Kupas Tipis-Tipis Teknologi Rocky

Daihatsu Rocky merupakan mobil baru yang dinantikan kehadirannya di 2021 ini. Salah satu sumber terpercaya kami menyebutkan, crossover mungil ini akan muncul sekitar Mei tahun ini.

Meski ada jeda waktu yang lumayan panjang, nampaknya PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mulai mengkuak beberapa teknologi baik mesin dan juga fitur yang bakal dijejalkan pada Rocky.

Dalam siaran persnya, Daihatsu menyebutkan bahwa mobil tersebut akan mendapatkan teknologi A.S.A (Advance Safety Asist), yang memungkinkan mobil untuk mendeteksi objek di sekitar, lalu memberikan perintah dan mengontrol mobil jika mobil dalam keadaan berpotensi bahaya.

Teknologi ini hadir sejak 2012 dan sudah disisipkan pada sejumlah model mulai dari Move, Tanto, Thor, Cast, Taft, dan tentunya Rocky yang mulai dijajakan di pasar domestik Jepang sejak 2019.

Teknologi A.S.A. dapat membantu mengurangi potensi bahaya ataupun dampak dari kecelakaan pada kendaraan. Hal ini dimungkinkan karena kendaraan Daihatsu yang memiliki teknologi A.S.A. dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan, beberapa di antaranya adalah fitur Pre Collision Brake dan Lane Departure Warning.

Pre Collision Brake merupakan fitur yang mampu mencegah benturan dengan mengaktifkan pengereman darurat ketika mendeteksi kendaraan lain pada jarak dan kecepatan tertentu. Dengan demikian, dapat membantu pengendara menghindari atau meminimalkan efek benturan.

Sedangkan Lane Departure Warning merupakan sistem yang membuat pengemudi dapat lebih terjaga dan terbantu dengan memberi peringatan ketika kendaraan berpindah jalur secara tidak disengaja.

“Dengan adanya teknologi A.S.A. pada mobil Daihatsu, dapat memberikan perasaan yang lebih aman dan nyaman, sehingga pengendara tenang saat berkendara,” ujar Anjar Rosjadi, Marketing Product Planning Division Head PT ADM dalam keterangan resminya.

Teknologi A.S.A ini sifatnya hanya bantuan berkendara, di mana pengemudi memegang kendali penuh pada kendaraannya. Jadi jangan disalahartikan sebagai teknologi autonomous ya.

\

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com