Yaris Cross? Yes!, Heykers? No!

Yaris Cross? Yes!, Heykers? No!

Toyota Yaris Cross resmi melakukan debut secara virtual dan wujud utuhnya sudah bisa kita amati di dunia maya. Jelas seperti namanya, mobil ini merupakan sebuah crossover yang berbasis Yaris generasi terbaru.

Namun Yaris generasi terbaru yang dimaksud di sini bukanlah yang tengah dijual di Indonesia, ya. Melainkan Yaris yang resmi meluncur perdana pada akhir 2019 lalu bersamaan dengan sang musuh, Honda All New Fit.

Dari jawaban PT Toyota Astra Motor saat kami mintai konfirmasinya akan peluang Yaris Cross untuk Indonesia memang mengecewakan. Tak ada peluang atau kesempatan Yaris spesies baru itu menjejakkan kaki di tanah air.

Foto: Danu - Jakarta

 

Padahal Yaris Cross sebenarnya bisa jadi peluang bagus untuk memperbaiki ketertinggalan Toyota Indonesia di kelas compact crossover. Di kelas ini Toyota C-HR secara volume penjualan kalah telak dari Honda HR-V. 

Pasalnya HR-V dengan mesin 1.500 cc saja bisa ditebus dengan harga termurah Rp 297 jutaan dan Rp 307 jutaan untuk tipe matic termurah. HR-V varian bermesin 1.800 cc bahkan tak sampai menyebtuh Rp 500 juta. Bandingkan dengan C-HR yang harga terendahnya menyentuh Rp 509,05 juta.

Mengembangkan Yaris jadi crossover alias compact hatchback mungkin akan memperluas pasar Toyota Indonesia. Pertanyaannya, mungkinkah Yaris yang ada sekarang pada line up Toyota Indonesia bisa menjadi "cross" juga? 

Cocok kah styling bodinya sebagai modal menjadi "cross"? Anda nilai sendiri

Foto - Danu

 

Jika bisa, semoga saja tak terluang seperti lahirnya varian Heykers seperti yang beberapa tahun lalu muncul. Memang, rencana membuat Yaris Cross versi Indonesia memang masih sulit ditebak, belum ada petunjuknya sama sekali. Entah Toyota Indonesia ada minat atau tidak, hanya mereka yang tahu. 

Namun jika membuat Yaris Cross versi Indonesia dengan mempertahankan sisi ekonomis mesin 1.500 cc bukan tak mungkin bisa jadi senjata ampuh untuk meredam popularitas HR-V.

Bicara Yaris Cross yang akan dijual beberapa bulan lagi di beberapa negara, ia mengusung mesin bensin 1.500 cc tiga silinder. Dapur pacu yang bersemayam di platform TNGA itu menyalurkan tenaga ke roda depan. Namun ada pula varian yang menganut penggerak 4 roda (AWD).

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com