Wawancara Langsung dengan yang Merancang Suzuki XL7

Wawancara Langsung dengan yang Merancang Suzuki XL7

Suzuki XL7 sudah resmi dijual di Indonesia. Kemunculan ini sebenarnya menjadi yang pertama di dunia. Sebab Peluncuran XL6 di India tak dihitung. Hal ini karena pihak Suzuki menyebut antara XL7 dan XL6 adalah dua mobil yang berbeda.

Masayuki Ishiwata selaku Chief Engineer XL Suzuki Motor Corporation menyebut kedua mobil tersebut segmennya beda. "Memang dibedakan XL6 dan XL7, XL6 untuk market India dan hanya bisa mengangkut 6 orang penumpang. Untuk XL7 ini kelasnya SUV sementara XL6 itu kelasnya MPV crossover. Yang XL7 ini bannya lebih besar dan disesuaikan dengan kondisi Indonesia juga, ground clearance-nya lebih tinggi," ujar Ishiwata menjawab pertanyaan OtoDriver (15/2).

 

Ia menyebut bahwa perancangan XL7 dilakukan di Jepang, namun memang sengaja disasar untuk dilempar ke pasar lokal Indonesia. 

"Pengembangannya itu 3 sampai 4 tahun. Yang paling sulit itu adalah tuning untuk suspensi, karena harus disesuaikan dengan kondisi di Indonesia. Pengembangannya pada awalnya di Jepang, namun untuk tuningnya itu dilakukan di Indonesia," kata Ishiwata.

Suzuki XL7 dibekali mesin K15B berkapasitas 1.462 cc yang dapat menghasilkan daya sebesar 104,7 ps pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. SUV terbaru Suzuki ini memiliki dimensi 4.450 mm x 1.775 mm x 1.710 mm serta jarak sumbu roda sepanjang 2.740 mm dan didukung dengan ground clearance setinggi 200 mm. 

Dalam kesempatan wawancara tersebut, Ishiwata juga sekalian menjawab alasannya memilih penggerak depan untuk XL7. Selain karena sharing platform dengan Ertiga, menganut FWD jadi pilihan karena alasan efisiensi bahan bakar.

"Ada beberapa pertimbangan untuk kami putuskan pakai penggerak depan. Salah satunya untuk efisiensi bahan bakar, untuk itu penggerak depan adalah yang lebih efisien. Konsumsi bahan bakarnya hampir sama dengan Ertiga. Untuk saat ini kami belum bisa buka dahulu angka konsumsi BBMnya," tutup Ishiwata.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com