Umur Aki Zaman Sekarang Hanya Setahun? Ini Penjelasannya.

Umur Aki Zaman Sekarang Hanya Setahun? Ini Penjelasannya.

Mungkin kita pernah mendengar pendapat bahwa umur aki saat ini tidak sepanjang umur aki di masa lalu. Bahkan diartikan lebih lanjut bahwa kualitas aki di masa lalu lebih baik? Benarkah demikian?

Untuk lebih jelasnya kita akan berbincang dengan Eron Lumban Raja, Manajer Sales & distribution PT Wacana Prima Sentosa yang bergelut dengan dunia aki.

“Saat ini secara umum dapat dikatakan bahwa umur rata-rata sebuah aki mobil itu adalah satu tahun,” terang Eron saat dihubungi melalui pesan singkat, Minggu (23/08). “Hal ini berlaku pada mobil modern dengan berbagai perangkat elektroniknya yang butuh asupan listrik yang baik dan konstan. Selain itu mobil jaman now ini khususnya di kota besar seperti Jakarta punya kecenderungan menghabiskan waktunya dalam kemacetan jalan,” tambah pria berdarah Batak ini. “Yang terjadi adalah ruang mesin punya temperatur yang cukup tinggi dan seperti kita ketahui bahwa kompertemen mesin mobil pun dirancang jadi lebih kecil dibandingkan mobil di masa lalu. Akibatnya penguapan yang tinggi pun terjadi pada aki. Faktor inilah yang menjadikan salah satu penyebab umur aki jadi lebih pendek,” tegasnya.

Eron menambahkan bahwa, bukan berarti tidak ada upaya dari pabrikan aki untuk membuat aki dengan daya tahan yang lebih baik. Namun ia menjelaskan bahwa bahan dasar aki (konvensional ataupun MF) tidak berubah, sama dengan jaman dulu.

Sebagai perbandingan, Eron menyebutkan bahwa umumnya aki yang dijual di negara empat musim punya jaminan bahkan sampai dua tahun. Hal ini dikarenakan di negara tersebut temperatur mesin dan kemacetan jalannya tidak separah di Indonesia.  

Kemacetan berat jadi biang pendeknya umur aki

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com