Mengenal Daihatsu Taft Indonesia. Bukan Kei Car!

Mengenal Daihatsu Taft Indonesia. Bukan Kei Car!

Daihatsu Taft telah diluncurkan di Jepang pada ajang Tokyo Auto Salon 2020. Namun, Taft yang baru diluncurkan ini berbeda dengan versi terdahulu yang sempat hadir di Indonesia.

Pada pertengahan tahun 80-an hingga 90-an, Taft muncul sebagai sosok SUV dua pintu 4x4 tangguh. Sebenarnya Daihatsu menghadirkan tiga model SUV semacam itu.

Varian yang pertama adalah Feroza. Tipe ini memiliki basis yang sama dengan Daihatsu Taft maupun Rocky namun di tanah air hanya tersedia dalam versi mesin bensin. Adapun mesinnya memiliki kapasitas 1.600 cc 4 silinder karburator dengan tenaga mencapai 94 dk.

Daihatsu Taft F50

 

Sedangkan varian lainnya adalah Rocky. Mobil ini merupakan bagian dari family Daihatsu Taft yang memiliki wheelbase lebih panjang dan kodenya adalah F75.

Untuk mesinnya, Daihatsu Rocky ditenagai oleh mesin diesel 2.800 cc non turbo dengan daya 73 dk di dan torsi 170 Nm. Mobil ini acap digunakan untuk armada perusahaan pertambangan ataupun perkebunan.

Sementara untuk Taft, model ini dilahirkan dan pertama kali diluncurkan pada 1974 yang memiliki julukan ‘Taft kebo’ dengan kode sasis F50. Lalu di tahun 1986, Taft berganti generasi yang berlanjut hingga tahun 2002. Menariknya, Taft juga memiliki versi empat pintu yang bernama Hiline.

Terdapat dua pilihan penggerak taft di Indonesia, yakni 4x2 dan 4x4. Sementara untuk mesinnya, Taft ditenagai oleh jantung pacu yang sama persis dengan Rocky.

Sementara itu, Daihatsu Taft yang beberapa bulan lalu terlahir kembali di Jepang merupakan sebuah Kei Car Boxy. Dapur pacu yang digunakan pun cukup kecil, yakni mesin penenggak bensin berkubikasi 660 cc 3 silinder turbo dengan transmisi CVT.

 

Simak Video : VIDEO: Ratusan Unit Sigra Siap Jadi Armada Taksi

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com