Kia Seltos Indonesia Bukan Buatan Korea Selatan

Kia Seltos Indonesia Bukan Buatan Korea Selatan

Kia Seltos sudah resmi dijual di Indonesia dengan harga mulai Rp 295 juta OTR Jakarta. Desain dan fitur yang ditawarkan hingga racikan harganya bisa dikatakan cukup jadi gebrakan di awal 2020.

Sebagai informasi, Seltos yang hadir di Indonesia merupakan unit buatan India. Hal ini dikatakan oleh Harry Yanto, pejabat Product Planning  PT Kreta Indo Artha selaku APM Kia.

"Debut global Seltos itu di India pada Februari tahun lalu. Jadi pabriknya (yang membuat Seltos) saat ini ada dua yaitu di India dan satu lagi di Korea Selatan," ujar kepada OtoDriver sesaat setelah seremonial peluncuran Seltos (20/1).

Foto: Rafi

 

Kenapa tidak dari Korea Selatan saja didatangkannya? Jawabannya bisa Anda ketahui dari situs resmi Kia Korea Selatan, tak ada Seltos bermesin 1.400 cc turbo yang dijual di sana. Hanya Kia India yang memproduksi dan menjual Seltos bermesin 1.400 cc atau yang berkapasitas bersih 1.353.

Keputusan Kia Indonesia mendatangkan Seltos bermesin 1.400 cc turbo itu bukan tanpa alasan. Hal ini ternyata sebagai salah satu 'resep' Kia Indonesia dalam meracik harga mobil barunya itu hingga bisa menggiurkan.

"Karena hanya satu alasan; tax (pajak). Jika mesinnya di atas 1.500 cc harga Seltos di sini pastinya akan mahal. Maka pilihannya ya ini, 1.400 cc turbo," seru Harry.

Sebagai informasi, di India terdapat delapan varian Seltos! Mesin yang ditawarkan antara lain 1.400 cc turbo, 1.500 cc peminum bensin dan 1.500 cc diesel. "Ya. Di India crazy about diesel. Bahkan sedan kecil pun ada yang pakai mesin diesel di India," imbuh Harry.

Dengan didatangkan dari India, hasilnya Kia Indonesia bisa memberi konfigurasi harga untuk ketiga variannya dengan mulai dari Rp 295 juta. Varian tertinggi Seltos seharga Rp 355 juta memang masih lebih mahal dibanding tipe termahal Honda HR-V bermesin 1.500 cc, namun soal fitur Seltos sangat memukau siapapun yang melihatnya.

Tinggal kita lihat saja performa penjualan compact SUV bermerek Korea Selatan - buatan India ini. Apakah mampu mengusik HR-V?  

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com