Hyundai Tawarkan Transmisi Manual Tanpa Kopling, Mirip Wuling Confero?

Hyundai Tawarkan Transmisi Manual Tanpa Kopling, Mirip Wuling Confero?

Hyundai Venue resmi menjalani debutnya di pasar India. Yang menarik, mobil ini ditawarkan dengan transmisi manual, namun tanpa pedal kolping.

Seperti dituliskan oleh Hyundai India dalam laman resminya, Venue memiliki teknologi Intelligent Manual Transmission (iMT) yang telah dipasang ke versi yang dijual di negara tersebut.

Sistem iMT terdiri dari tuas persneling dengan "intention sensor", hydraulic assistance, dan unit kontrol transmisi atau gearbox control (TCU).

"Intention sensor" merupakan nama dari Hyundai untuk teknologi dengan sistem yang mengaktifkan kopling, tapi perpindahan gigi tetap harus dilakukan pengemudi. Kemudian mengirimkan sinyal ke TCU untuk memindah gigi, lalu sinyal lain diteruskan dari TCU ke hydraulic assistance.

Kopling kemudian dicocokkan dan dilepaskan melalui silinder bantu konsentris tanpa oprasi tambahan pengemudi. Hyundai menggambarkan proses elektromekanisnya berjalan dengan mulus, namun, pengemudi pasti akan membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan teknologi ini.

MD dan CEO Hyundai Motor India Ltd., SS Kim mengatakan bahwa iMT menyeimbangkan kesenangan berkendara dengan perjalanan yang lebih mudah, lebih nyaman, cocok dalam lingungan lalu lintas India yang padat dan sering terjadi kemacetan lalu lintas.

Hyundai Venue di India ditawarkan dengan mesin 1.000 cc turbo bertenaga 120 ps. Hyundai mengklaim bahwa teknologi ini akan menjadi yang pertama di industri otomotif di negara tersebut. Di Indonesia penerapan seperti ini juga dilakukan oleh Wuling Motors, yang menawarkan transmisi Automatic Clutch Transmission (ACT) pada Confero terbarunya meskipun tidak menggunakan sensor seperti halnya Venue. Pihak Wuling mengatakan transmisi ini lebih hemat dalam perawatan dan biaya produksi, meskipun tidak lebih praktis dari transmisi otomatik pada umumnya.

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com