Honda Mobilio Model Baru Jadi Meluncur?

Honda Mobilio Model Baru Jadi Meluncur?

Honda Mobilio masih merupakan salah satu model tulang punggung penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM). Berkat LMPV-nya itu salah satunya, PT HPM masih bisa survive di tengah badai Covid-19 yang menerpa industri otomotif Indonesia.

Sudah bisa ditebak, Mobilio sedang kena dampak penurunan penjualan mobil baru. Musuh Toyota Avanza ini sejak tahun lalu saja, saat tak ada isu krusial yang berdampak pada penurunan ekonomi, sudah cukup lesu penjualannya.

Mulai dari makin banyaknya kompetitior hingga kian melambungnya harga yang dilabeli oleh PT HPM. Lantas apa nasibnya Mobilio sekarang?

Sebenarnya ada sejumlah berita baik mengenai Mobilio. Pertama hingga saat ini, Mobilio masih diproduksi oleh pabrik Honda Indonesia. Kedua, dibanding bulan April, penjualan retail Mobilio naik 106 persen!

Tapi tentu kenaikan penjualan tersebut dalam skala berbeda dengan tahun lalu. Market bulan Mei turun 88% dibanding bulan yang sama tahun lalu," ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing PT HPM kepada OtoDriver, Sabtu (13/6) kemarin.

Sebelum terjadi pandemi Covid-19, sempat ada isu Mobilio akan mengalami ubahan besar dan meluncur tahun ini. Nampaknya hal itu urung dilakukan PT HPM karena situasi. 

"Untuk peluncuran produk baru, model dan waktu semua tergantung kondisi pasar ya dan kebutuhan konsumen. Sekarang pasar masih lemah sekali," kata Billy. "Namun dengan adanya PSBB transisi dan aktivitas konsumen mulai berjalan dengan kehidupan normal baru yang memperhatikan protokoler kesehatan Covid-19 diharapkan pasar dapat tumbuh cepat secara bertahap ya.

Padahal, perubahan besar alias major change mungkin jadi satu-satunya cara agar ia bisa kian kompetitif menyaingi Avanza atau Mitsubishi Xpander. Sekalipun kemungkinan besar tak bisa merilis Mobilio baru, pihaknya memakai manuver diskon.

Saat ditanya mengenai strategi apa untuk membangkitkan penjualan LMPV-nya itu, Yusak menyebut mengandalkan diskon pembelian dan gratis servis.

"Kami menyediakan program penjualan yang memudahkan dan meringankan konsumen dengan menggunakan media digital online untuk Honda Mobilio senilai hingga 15 juta. Ada juga gratis perawatan berkala selama 4 tahun atau 50 ribu Km untuk Honda Mobilio. Jasa dan spareparts gratis," kata Yusak.

Simak Video : VIDEO: Penjualan Honda Meningkat Jelang Tutup 2019

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com