Fakta Menarik Seputar MG ZS

Fakta Menarik Seputar MG ZS

MG ZS resmi diluncurkan di tanah air. Praktis mobil ini menjadi Compact SUV paling terjangkau di Indonesia saat ini.

Lantas, kami berkesempatan untuk lebih dekat dengan MG ZS dalam beberapa waktu ini. Kami pun mengupas beberapa fakta menarik dari produk hasil blasteran Inggris-Tiongkok ini.

1. Produk blasteran Inggris-Tiongkok

 

Morris Garage sejatinya merupakan merek asal Inggris. Sejak tahun 1920, MG berdiri sebagai produsen mobil di Inggris namun sempat gonta-ganti pemilik sampai akhirnya saat ini dimiliki grup otomotif besar di China. Hingga akhirnya pada tahun 2005, perusahaan milik China, Nanjing Automobile Group mengakuisisi sebagian aset MG Rover Group kemudian mendirikan perusahaan bernama NAC MG UK Limited. Nanjing Automobile Group diakuisisi SAIC (Shanghai Automotive Industry Corporation). Pada 2011 mobil generasi baru merek MG bernama MG6 meluncur. Pada 2012 SAIC Motor menanamkan investasi besar pada MG Motor UK Limited, kemudian pada 2016 semua aktivitas produksi mobil MG di pabrik Inggris dihentikan agar fokus di China.

 

2. Compact SUV paling terjangkau

 

Hingga artikel ini dirilis, MG ZS tercatat sebagai Compact SUV dengan harga yang paling murah di Indonesia. Varian yang paling murah yakni Excite dijual dengan harga Rp 255,8 juta sedangkan Ignite dipasarkan dengan harga Rp 289,8 juta. Pesaing terdekatnya adalah Suzuki S-Cross bertransmisi manual dengan harga Rp 291 juta dan Hyundai Kona yang dijual dengan harga Rp 295 juta.

 

3. Fitur berlimpah

 

Meski harganya terjangkau, namun ZS khususnya tipe tertinggi dibekali fitur yang sangat lengkap. Sebut saja panoramic roof Infotainment display berukuran 8 inci, cruise control, tire pressure monitoring pada MID-nya, navigasi,  serta fitur konektivitas Apple Carplay serta fitur keselamatan 6 buah airbags, kamera mundur, ABS, EBD, TCS dan stability control.

 

4. Angka akselerasi kurang baik

 

Seperti biasanya, kami melakukan tes akselerasi 0-100 km/jam menggunakan alat berbasis GPS. Berdasarkan hasil pengetesan kami, MG ZS melakukan akselerasi dari berhenti hingga 100 km/jam dalam waktu 15 detik yang artinya cukup lambat. Padahal, Compact SUV ini mengusung mesin yang cukup bertenaga, yakni 1.500 cc 4 silinder dengan tenaga 114 PS serta torsi 150 Nm.

 

5. Konsumsi bahan bakar

 

Walau memiliki angka akselerasi yang kurang baik, namun konsumsi bahan akar ZS cukup baik meski bukan yang terbaik dikelasnya. Berdasarkan hasil pengetesen kami untuk rute dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam mobil ini sanggup mencatatkan angka 10,5 km/l. Sedangkan untuk rute tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, ZS sanggup meraih angka 15,3 km/l.

 

 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com