Daihatsu Xenia, Riwayat Mu Kini

Daihatsu Xenia, Riwayat Mu Kini

Every cloud has a silver lining, peribahasa yang satu ini bisa menggambarkan kondisi Daihatsu terutama terkait penjualan Xenia sepanjang empat bulan pertama tahun 2020. LowMPV kebanggan merek Jepang satu ini, menjadi mobil terlaris ketiga di segmen yang paling gemuk di tanah air tersebut.

Detailnya, lebih dari 5 ribu unit Daihatsu Xenia telah terjual dari Januari-April 2020 dengan pangsa pasar 10,1 persen. "Kami bersyukur, walaupun sudah 16 tahun, sejak pertama kali diluncurkan pada 2004 (di segment MPV Low) Daihatsu Xenia masih tetap dipercaya dan menjadi yang terlaris ketiga dipilih oleh masyarakat Indonesia,” ujar Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra dalam keterangan resmi yang diterima OtoDriver.

(Baca juga: Daftar Harga DAIHATSU Terbaru (April 2020))

Hal ini menjadi istimewa di tengah kondisi pasar otomotif yang terpukul hebat oleh 'awan hitam' bernama pandemi virus Corona alias Covid-19. Berdasar data Gaikindo, penjualan mobil sepanjang empat bulan pertama tahun 2020 hanya sekitar 243 ribu unit. Angka ini turun 28,5 persen dibanding periode yang sama setahun silam.

Untuk Daihatsu, penurunan angka penjualan juga dirasakan, mereka hanya mencatatkan 44.346 unit di Indonesia atau penuruanan 26,9 persen dibanding setahun silam. Meski kabar baiknya pangsa pasar mereka naik sekitar 18,2 persen.

Penjualan Tembus 670 Ribu Unit

Kembali bicara mengenai Daihatsu Xenia, mobil keluarga yang satu ini juga mencatatkan capaian impresif. Sejak perdana meluncur tahun 2004 silam, Daihatsu Xenia telah terjual lebih dari 670 ribu unit. Angka yang tidak sedikit dan tidak banyak bisa disamai model mobil lain di Indonesia.

Jangan lupakan juga bagaimana Daihatsu Xenia bersama kembarannya, Toyota Avanza menjadi pelopor segmen mobil keluarga ramah kantong pada tahun 2004 itu. Awalnya hanya berdua dengan saudara kembar, kini sudah ada sekitar tujuh merek kendaraan yang bersaing di segmen mobil kegemaran orang Indonesia ini.

(Baca juga: GALERI: Daihatsu Grand New Xenia 2019 (40 Foto))

Sejak debutnya, Low MPV kian dominan di pasar otomotif lokal. Tahun 2020 saja kontribusinya mencapai 20,8 persen dari total market.

Selama mengarungi pertempuran di segmen low MPV, Daihatsu Xenia sudah mengalami perubahan model total sebanyak dua generasi. Teranyar, Grand New Xenia yang hadir awal 2019 lalu tampil dengan desain dan fitur yang lebih stylish, performa dan kenyamanan yang lebih baik, serta hadir dengan total 10 varian.

Simak Video : VIDEO: Ratusan Unit Sigra Siap Jadi Armada Taksi

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com