BMW VS Mercedes-Benz, Siapa yang Terlaris di 2019?

BMW VS Mercedes-Benz, Siapa yang Terlaris di 2019?

Tak hanya mobil asal Jepang, pasar otomotif Indonesia juga diisi oleh dua merek premium asal Eropa, yakni BMW dan Mercedes-Benz. Kedua merek ini seakan menjadi pesaing abadi baik di global maupun di Indonesia.

Tentunya salah satu hal yang diperebutkan adalah angka penjualan. Lantas, bagaimana penjualan BMW dan juga Mercedes-Benz di tahun 2019 lalu?

 

Dari data yang dirilis oleh BMW Indonesia, merek ini mencatatkan angka penjualan sebanyak 2.943 unit. Total penjualan tersebut terdiri dari adalah BMW X1 dengan kontribusi 26 persen, diikuti oleh BMW Seri-3 24 persen dan BMW Seri-5 17 persen dan sisanya merupakan model BMW lainnya. 

"BMW Group Indonesia mengalami pertumbuhan sekali lagi pada tahun 2019. Ini berarti bahwa BMW Indonesia telah memilih strategi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya meskipun ada sejumlah halangan. Ini termasuk penurunan volume industri otomotif secara keseluruhan, perubahan peraturan dan ketidakpastian yang disebabkan oleh Pemilu. Rangkaian kendaraan BMW, seperti BMW X5 - dan First-Ever BMW X7 telah buktikan kepemimpinan BMW di segmen premium Sports Activity Vehicle (SAV) karena BMW terus penuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia dengan rangkaian kendaraan berteknologi inovatif. Terlebih lagi, peluncuran New BMW X3 sDrive20i dan New BMW X1 sDrive18i xLine dengan jelas tunjukkan bahwa BMW mendengarkan apa yang diinginkan pelanggan dari segi harga dan spesifikasi," ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia

Sementara melauli keterangan tertulis, Mercedes-Benz mengumumkan pihaknya telah menorehkan angka penjualan 3.344 unit sepanjang tahun 2019 lalu. Angka ini terdiri dari persentase sedan 61 persen, SUV 31 persen dan sisanya adalah model lainnya.

 “Hasil penjualan tahun lalu menggarisbawahi sekali lagi atas permintaan konsumen yang kuat terhadap kendaraan Mercedes-Benz di Indonesia, bahkan di tengah-tengah industri otomotif yang menantang. Selain itu, Mercedes-Benz tetap berada di posisi nomor satu di pasar mobil mewah, membuktikan brand kami sangat bernilai untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia. 2019 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi industri otomotif Indonesia. Dengan memperkenalkan berbagai model-model terbaru tahun ini dan memperluas layanan Best Customer Experience, kami bermaksud untuk meningkatkan penjualan unit kami serta mempersiapkan daya saing jangka panjang," papar Choi Duk Jun selaku President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI).

Maka, angka penjualan merek Eropa tertinggi di Indonesia pada tahun 2019 kembali dimenangkan Mercedes-Benz. Kendati demikian, selisih angka penjualan ini tidak terpaut jauh dibandingkan dengan periode tahun 2018.

Jika berkaca pada tahun 2018, BMW berhasil menjual produknya sebanyak 2.814 unit dan Mercedes-Benz sebanyak 3.792 unit.

 

Simak Video : OD Flash: BMW Seri-3 Rakitan Lokal Tembus RP 840 Jutaan

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com