4 Tahun di Indonesia, Bagaimana Penjualan Civic Hatchback?

4 Tahun di Indonesia, Bagaimana Penjualan Civic Hatchback?

Produsen asal Jepang, Honda, meluncurkan varian tertinggi Honda Hatchback yakni RS. Honda Civic Hatchback sendiri pertama kali meluncur pada 2017, namun saat itu hanya ada varian E,S dan Honda Civic Type R.

Artinya sudah empat tahun mobil yang dikirim dari Thailand itu bertarung di pasar roda empat Indonesia. PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM mobil Honda di Indonesia mengklaim Civic Hatchback diterima dengan baik oleh konsumen.

"Honda adalah brand yang sangat populer di segmen hatchback dengan didukung model seperti Honda Jazz dengan varian RS-nya yang sangat digemari konsumen," ujar Business Innovation and  Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy, di Jakarta, Kamis lalu (6/2).

Foto: Imam

 

Sejak meluncur pada 2017 silam sampai akhir 2019, tercatat Honda berhasil menjual Honda Civic sebanyak 5.232 unit di Indonesia. Sepanjang 2019, Honda Civic Hatchback terjual sebanyak 1.579 unit, dengan pangsa pasar 5% di segmen hatchback. 

Model ini secara penjualan juga agak nyerempet dengan Honda Jazz yang menjadi market leader dengan pangsa pasar mencapai 40%. Terutama untuk Honda Jazz varian RS, yang dikatakan Yusak sebagai kontributor penjualan terbanyak dibanding Honda Jazz varian lainnya. Hal tersebut juga yang menjadi alasan HPM meluncurkan Honda Civic Hatchback varian RS.

"Di Jazz RS 97 persen jadi kemauan konsumen itu terhadap mobil sport sangat tinggi," katanya.

HPM sendiri menghentikan penjualan Honda Civic Hatchback varian E dan S dengan hadirnya varian RS. Meski begitu target penjualannya ditingkatkan. "120-an satu bulan. Tahun lalu 1.500 sekarang targetnya 1.800, jadi naik ya," pungkas Yusak.
 

Simak Video : VIDEO: Penjualan Honda Meningkat Jelang Tutup 2019

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com