Waduh, Harga Mobil Toyota Naik Lagi Awal 2020

Desember 2019 harga mobil Toyota sudah naik karena BBNKB baru untuk wilayah DKI Jakarta. Awal tahun depan akan ada kenaikan lagi terkait faktor ekonomi.
Penulis: Alfons
Senin, 16 Desember 2019 11:00 WIB
Berita - Waduh, Harga Mobil Toyota Naik Lagi Awal 2020
Bagikan ke:

Harga mobil Toyota akan kembali naik awal tahun 2020 mendatang. Ini akan menjadi kenaikan harga beruntun dalam dua bulan berturut-turut yang dilakukan PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk produk-produknya. Namun hal ini sebenarnya juga dirasakan pabrikan kompetitor.

Per 11 Desember 2019, tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) DKI Jakarta resmi naik sekitar 2,5 persen. Hal itu berimbas pada harga on the road mobil yang dijual. TAM pun sudah merilis harga baru untuk beberapa produk yang mereka tawarkan.

Foto - Waduh, Harga Mobil Toyota Naik Lagi Awal 2020

(Daftar Harga MPV Toyota Setelah BBN-KB Naik)

Dijelaskan oleh Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM, dua kenaikan yang sudah dan akan terjadi ini masuk ranah yang berbeda. "Mau tidak mau, seolah-olah akan terjadi revisi harga lagi (awal tahun 2020). Januari pasti akan kenaikan, karena kan inflasi, biaya-biaya kan kebanyakan naiknya di awal tahun, itu hitungannya di awal tahun, di luar biasanya ada tabel BBN baru lagi," kata Anton.

Namun menurut dia kenaikan di awal tahun bukanlah masalah karena sudah terjadi dari tahun ke tahun. Dampak ke penjualan malah dirasa akan lebih banyak dikarenakan kenaikan tarif BBNKB Desember ini.

"Di Januari itu kan kenaikan yang sudah umum, kami sudah perhitungkan. Yang beda adalah kenaikan Desember khususnya di Jakarta. Karena di daerah lain seperti Tangerang dan Jawa Barat, itu kan sudah naik duluan. Jadi impact-nya saya rasa DKI Jakarta. Ada kemungkinan penurunan tapi ya kami harus lihat dulu."

Foto - Waduh, Harga Mobil Toyota Naik Lagi Awal 2020

Di sisi lain kenaikan tarif BBNKB ini berdampak baik untuk penjualan periode sebelum 11 Desember 2019. Dijelaskan Anton ada kenaikan penjualan cukup signifikan untuk wilayah DKI Jakarta pada bulan November 2019, dibanding bulan sebelumnya --28 ribu menjadi 29,6 ribu. Meski kenaikan angka tersebut tidak semunya untuk menghindari tarif BBNKB baru.

Sementara saat ditanya mengenai besaran kenaikan harga untuk tahun depan Anton mengaku belum bisa memberi informasi detail. "Belum, karena biasanya kan hitung-hitunganya di akhir bulan Desember. Itu semuanya mulai dihitung dari biaya delivery dan lain-lain kan ada hitungannya juga," ujarnya lagi.

#toyota

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.