Seberapa Iritkah Suzuki All New Ertiga ?

Seberapa Iritkah Suzuki All New Ertiga ?

Salah satu hal yang menjadi ciri khas dari mobil-mobil bikinan Suzuki adalah irit bahan bakar. Hal inilah yang selalu menjadi tagline yang hembuskan pada semua produk mobil berlambang S ini termasuk All New Ertiga.

Dan kami pun mendapatkan kesempatan untuk menguji seberapa irit LMPV yang menjadi backbone Suzuki dalam segmen mobil penumpang ini.

 

Dalam gelaran All New Ertiga Tripventure, semuanya terkuak. Acara yang digelar pada Rabu (28/8) ini menggambil start dari pabrik Suzuki di Cikarang dan finish di Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat. Jarak yang ditempuh adalah 184 km, menyusuri jalur tol Trans Jawa.

Terdapat tujuh unit All New Ertiga GX yang ikut dalam kompetisi yang digelar untuk awak jurnalis ini dan dua di antaranya bertransmisi manual. Kebetulan OtoDriver mendapatkan unit dengan transmisi matik dan berisikan total empat orang.

Setelah bensin diisi penuh, tutup tangki bahan bakarnya disegel dengan stiker. “Untuk lebih riil, semua kendaraan menggunakan AC dalam kondisi on dan disetel di temperatur terdingin.” terang Aris Indratmojo, Strategic Planning PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang memberikan materi dan briefing dalam kegiatan ini. Seperti halnya tangki bensin, tombol AC pun disegel dengan menggunakan stiker khusus.

Beruntung, kami tidak menjumpai kemacetan yang berarti dan malahan jalanan di ruas Cikampek hingga Cipali tergolong lancar. Hanya saja kondisi cuaca di luar cukup panas. Jika melihat dari data yang tertera pada telepon genggam temperatur menyentuh angka 34 hingga 36 derajat Celcius.

 

Singkatnya seluruh rombongan  sampai di tempat finish yang telah ditentukan dan mengalami inspeksi untuk segala sesuatunya termasuk melakukan pengisian BBM dengan menggunakan bejana khusus untuk mendapatkan konsumsi bahan bakarnya secara nyata.

Alhasil hasil terbaik berhasil diraih oleh Ertiga manual dengan hasil 33,45 km/liter, sementara varian bertransmisi matik mampu meraih hasil 29,67 km/liter.

Jika diambil akumulasi hasilnya, varian bertransmisi manual mampu menempuh jarak rata-rata 30,25 km/liter. Sedangkan untuk varian matik rata-rata menenggak bensin untuk 25,89 km/liter

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com