Mengenal Chevrolet Suburban, Nama Model Tertua di Dunia yang Masih Eksis

Mengenal Chevrolet Suburban, Nama Model Tertua di Dunia yang Masih Eksis

Nama mobil apakah yang paling lama digunakan di kolong jagad ini? Dari penelusuran berbagai sumber, jawabannya adalah Chevrolet Suburban. Model ini tercatat mulai diproduksi sejak 1935 dan masih berlanjut hingga saat ini. Artinya, mobil penumpang ini tahun depan berumur 85 tahun.

Tentu tidak dapat dibandingkan lagi antara Chevy Suburban generasi awal dengan generasi terbarunya dalam segala hal. Namun mobil ini tetap menggunakan struktrur body on frame atau sasis tangga sebagai dasar konstruksinya.

 

Awalnya produk ini dikenal sebagai Chevrolet Suburban Carryall. Model awal ini mengadopsi secara utuh sasis baja truk ½ ton. Pawarupa mobil ini dibuat pada 1933, semula diperuntukkan bagi kepentingan militer dan pemerintah Amerika Serikat yakni National Guard dan  Civilian Conservation Corps. Sebagian besar bodi mobil menggunakan bahan kayu dan mampu menampung penumpang hingga 8 orang. Mobil ini mesin 6 silinder inline 3.400 cc dan transmisi manual 3 speed.

Ternyata setelah diluncurkan pada 1935, mobil ini menarik perhatian pasar domestik Amerika pada saat itu. Muncul opsi struktur bodi yang ditawarkan dalam bentuk plat besi untuk keseluruhan selang setahun diluncurkan.

Selanjutnya generasi ke II muncul pada 1941. Kondisi perang dunia II pada saat itu menyedot populasi mobil ini untuk diturunkan untuk kepentingan perang AS dan sekutu. Pada saat yang sama, GMC salah satu pabrikan yang berada di bawah naungan GM pun merebadge Chevrolet Suburban sebagai GMC Suburban. Namun GMC kemudian melepas nama Suburban enam dasa warsa kemudia, tepatnya di tahun 2000 dengan mengganti nama menjadi GMC Yukon.

Seperti dilansir carscoops.com. setelah berjalan 11 generasi, GM berencana pada 2020 nanti atau tepat saat Suburban berulangtahun ke 85 akan diluncurkan generasi ke 12. GM menegaskan bahwa konstruksi generasi terbaru SUV miliknya ini akan digunakan pula oleh GMC Yukon dan Cadillac Escalade.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com