Ini Dia Mobil Dengan Klaim Akselerasi Tercepat di Dunia

Ini Dia Mobil Dengan Klaim Akselerasi Tercepat di Dunia

Tesla sempat mengklaim bahwa model Roadster-nya memiliki angka akselerasi tercepat, yakni 1,9 detik untuk menempuh kecepatan 0-100 km/jam. Nah, belum lama ini diberitakan oleh situs Carbuzz, terdapat mobil bertenaga listrik yang lebih cepat akselerasinya, yakni Aspark Owl. Dikabarkan tenaga jantung pacu mobil ini mencapai kurang lebih 2.000 dk dan setiap mobil akan menelan biaya sekitar 2,9 juta Euro atau sekitar Rp 45 miliar dalam pembuatannya.

Pada tahun 2017 lalu Aspark sudah memamerkan Owl versi mobil konsep hingga pada akhirnya diproduksi dan melakukan debut di Dubai International Motor Show 2019 dengan spesifikasi yang sangat mengejutkan. Bayangkan saja akselerasi dari kecepatan 0-100 km/jam hanya ditempuh dalam waktu 1,69 detik! Perusahan asal negeri Sakura tersebut telah mengklaim bahwa Aspark Owl adalah mobil dengan akselerasi tercepat di dunia saat ini.

 

Angka akselerasi tersebut bersumber dari berkat 4 buah motor listrik yang sangat kuat, yang menghasilkan tenaga 2.012 dk dan torsi sekitar 1.475 Nm. Bisa dikatakan tenaganya hampir 3 kali lebih besar daripada mobil Formula E dan 2 kali lebih banyak dari mobil Formula 1. Maka dari itu, Aspark siap menghadapi para pesaing hypercar berjantung listrik, seperti Rimac C_Two, Pininfarina Battista, dan Lotus Evija.

Kecepatan maksimumnya sendiri diklaim bisa menyentuh 400 km/jam. Baterai lithium-ion berkapasitas 64 kWh yang dipasang di tengah, dikembangkan secara khusus untuk Owl. Disebutkan juga mobil ini bisa menempuh jarak sejauh 450 km berdasarkan siklus NEDC dan dapat diisi dalam 80 menit dengan sistem 44 kW. Aspark juga menyatakan akan membuat baterai yang lebih besar pada tahun 2020 mendatang. Owl hanya akan dibuat sebanyak 50 unit saja. Produksinya berlangsung di Turin, Italia bekerja sama dengan Manifattura Automobili Torino. 

 

Teks: Christo

Aspark Owl

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com