Honda Blak-blakan Mengenai Fitur Voice Command Wuling Almaz

Honda Blak-blakan Mengenai Fitur Voice Command Wuling Almaz

Strategi Wuling merilis Almaz seven seater dengan fitur voice command membuat riuh dunia otomotif domestik belakangan ini. Kami pun meminta tanggapan dari kubu Honda atas kehadirannya fitur yang tengah banyak dibicarakan banyak orang tersebut.

Pasalnya pabrikan Jepang tercatat tak ada yang memiliki fitur voice command seperti yang dimiliki Almaz. Semakin menarik, voice commanda pada SUV rakitan Cikarang, Jawa Barat tersebut bisa 'diperintah' pakai bahasa Indonesia.

Dalam line up Honda Indonesia, tak ada mobil yang punya fitur seperti itu. Namun Jonfis Fandy selaku Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor belum memandang fitur seperti yang dimiliki Wuling tersebut belum penting.

Foto: Brian

 

"Saya tidak tahu Wuling itu pakai terjemahannya bagaimana, operating system-nya apa. Apakah itu berfungsi? Dulu saat Ford launching (fitur voice command) saya ingat di tahun itu kan voice command sudah ada. Apakah itu sangat perlu atau tidak? Ya belum tahu," seru Jonfis.

Saat kami mencoba fitur voice command Wuling Almaz beberapa waktu lalu, pihak Wuling menyebut fitur tersebut bukanlah berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence). Fitur yang dinamai WIND (Wuling Indonesian Command) tersebut hanya menggunakan data base saja. Mic untuk menangkap perintah suara interaktif tersebut ada di dekat lampu kabin bagian depan.

Menurut Jonfis, jajaran produk Honda lebih dititik beratkan ke arah kehebatan berkendara ketimbang gimmick fitur yang bombastis. 

"Honda punya karakter sendiri di mana pengendalian, kenyamanan penumpang, safety, teknologi, dan powertrain segala macam kami unggul," tukas Jonfis.

Lantas, apakah permintaan fitur voice command sudah ada untuk Honda? "Kalau banyak permintaan ya nanti kami pelajari," tutup Jonfis.

Simak Video : VIDEO: Penjualan Honda Meningkat Jelang Tutup 2019

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com