Apa Bedanya Nissan Qashqai dengan X-Trail?

Apa Bedanya Nissan Qashqai dengan X-Trail?

Qashqai generasi kedua berkode J11 merupakan SUV buatan Nissan yang dilahirkan pada 2013 silam. SUV ini dijual khusus untuk pasar Eropa dan diproduksi hingga sekarang. Nama Qashqai belakangan ramai diperbincangkan karena ia tampak tengah tes jalan di Surabaya. Ada dugaan bahwa Nissan Indonesia akan menjualnya.

Kalau dilihat, bentuk bodinya mirip dengan Nissan X-Trail yang dijual di Indonesia. Lantas apa saja perbedanya?

Dimulai dari sektor eksterior, sepintas kedua mobil tersebut memiliki bentuk yang mirip karena menggunakan platform yang sama, namun Nissan X-Trail lebih tinggi dan panjang dibanding Qashqai. Terbukti dari X-Trail mempunyai opsi bangku 3 baris, Qashqai hanya 2 baris. Pada bagian wajah keduanya menganut model ‘V-motion’ pada bagian grill dan sama-sama terdapat DRL pada lampu depan.

 

Masuk ke sektor kabin. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya interior Qashqai memiliki konfigurasi jok 2 baris dan X-Trail 3 baris. Qashqai sudah dilengkapi dengan panoramic roof sedangkan X-Trail belum. Lalu untuk fitur-fitur hiburan terdapat perbedaan yang cukup drastis. Berdasarkan keterangan di website resmi Nissan Eropa, X-Trail dilengkapi dengan integrated head unit 2 DIN berukuran 5 inci dengan AM/FM, CD Player (MP3 Compatible).

Sedangkan Qashqai menggunakan head unit layar sentuh berukuran 7 inci dengan sistem navigasi yang bisa menampilkan secara 3D dan terhubung oleh aplikasi Door To Door pada smartphone. Kemudian sudah dilengkapi dengan teknologi NissanConnect, smartphone integration, voice command, Apple CarPlay dan Android Auto.

 

Lanjut ke varian dapur pacu, X-Trail versi Eropa menggunakan mesin bensin dengan opsi 2.000 cc dan 2.500 cc. Untuk pilihan transmisi ada opsi manual dan otomatik CVT. Sedangkan Qashqai memiliki 2 varian mesin, bensin dan diesel. Untuk bensin berkapasitas 1.300 cc turbo DIG-T dan 1.500 cc untuk turbo diesel dengan pilihan transmisi manual dan otomatis kopling ganda. 

Membahas fitur keselamatan, Nissan Qashqai dilengkapi dengan blind spot warning, adaptive front lighting system yang akan menyalakan lampu high-beam saat melewati jalan gelap secara otomatis dan traffic sign recognition. Terdapat juga kamera 360 yang dapat mempermudah saat parkir. Sedangkan X-Trail hanya memiliki fitur kamera 360.

Bicara soal pervandingan harga, Nissan Qashqai tipe terendah dijual dengan harga £19.995 atau setara dengan Rp 375 jutaan. Sedangkan untuk X-Trail tipe terendah dibanderol dengan harga Rp 421 jutaan. Untuk tipe tertingginya, Qashqai dijual dengan harga £28.095 yang setara dengan Rp 527 jutaan, sedangkan X-Trail tipe termahal dijual dengan harga Rp 668 jutaan.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com