All New Nissan Serena Tak Punya Fitur Power Backdoor, Ini Alasannya

All New Nissan Serena Tak Punya Fitur Power Backdoor, Ini Alasannya

All New Nissan Serena memiliki sejumlah fitur unggulan yang mewakili Intelligent Mobility, sebuah frase yang beberapa tahun belakangan ini digaungkan PT Nissan Motor Indonesia. Intelligent Mobility sendiri merupakan gabungan fitur unik dalam produk mobil Nissan. Salah satunya yang terdapat dalam All New Serena adalah Intelligent Sliding Door.

Intelligent Sliding Door memudahkan penumpang belakang untuk memasuki ruang kabin. Penumpang cukup memegang kunci sensor dan 'menendangkan' kaki dibawah pintu untuk membukanya.

Foto: Brian

 

Namun, Nissan sendiri tidak melakukan kemudahan yang sama pada pintu belakangnya atau pintu bagasi. Pintu bagasinya yang memiliki Dual Backdoor ini belum dilengkapi oleh sensor ataupun power backdoor.

"Kami menggunakan pendekatan berbeda. Tidak pakai sensor karena ini cukup berbahaya," ujar Senior Manager R&D PT Nissan Motor Indonesia, Jauhari Adzannis, di Media Drive All New Nissan Serena di Jakarta, Senin (15/4).

Foto: Brian

 

Menurutnya, fitur Dual Backdoor yang digunakan sekarang lebih mudah diakses. Menurutnya, backdoor teratas-nya sangat aman dari jangkauan anak-anak dan menjaga barang agar tidak jatuh saat dibuka.

"Jadi mudah diakses orang dewasa namun tidak mudah diakses anak-anak. Sistem seperti ini jadi lebih mudah mengambil barang tanpa khawatir barang terjatuh jika kondisinya barang di belakang banyak," terang Jauhari.

Sedangkan untuk power backdoor sendiri, Jauhari beralasan fitur tersebut belum diperlukan oleh target konsumennya. Menurutnya dual backdoor yang sekarang digunakan All New Nissan Livina merupakan development dari Nissan Serena yang lama.

"Untuk backdoor itukan sebenarnya kami masih ambil dari Serena sebelumnya, kami kembangkan. Menurut hasil studi kami itu masih cukup bisa diraih, jadi tidak terlalu berat. Karena di gate-nya itu, yang kaya suspensi itu, juga membantu supaya jadi lebih ringan," paparnya.

 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com