Alasan Suzuki Wajib Segera Luncurkan Ertiga XL6 di Indonesia

Alasan Suzuki Wajib Segera Luncurkan Ertiga XL6 di Indonesia

Meski mobil segmen LMPV masih menjadi primadona penjualan di pasar Indonesia, tidak dapat dipungkiri perlahan mobil SUV trennya terus meningkat. 

Para produsen pun sudah banyak yang mengembangkan produk SUV-nya. Terutama SUV yang dikembangkan dengan basis MPV, seperti Mitsubishi yang meluncurkan Xpander versi SUV yakni Xpander Cross, Nissan yang meluncurkan Livina X-Gear, juga ada Honda yang membuat versi SUV dari Mobilio yakni BR-V.

Nampaknya hanya Suzuki yang belum merambah tren tersebut. 

 

Padahal di India, Suzuki sudah meluncurkan Ertiga XL6 yang merupakan pengembangan dari model Ertiga MPV. Rasanya Suzuki wajib segera menghadirkannya ke tanah air.

Ada beberapa alasan menurut OtoDriver kenapa Suzuki wajib datangkan mobil yang diperkirakan namanya bisa saja menjadi Ertiga XL7 itu.

1. Penjualan SUV/crossover Meningkat
Seperti yang dijelaskan di atas, peminat mobil SUV di Indonesia terus meningkat dalam kurun waktu lima tahun belakangan ini. Peningkatannya pun terbilang cukup signifikan, terutama untuk pasar SUV 7 penumpang.

Di pasar global justru model SUV menjadi produk paling laris. Mungkin bisa dibilang hanya di Indonesia produk terlaris adalah dari jenis MPV.

2. Mengisi celah Ignis dan SX4 S-Cross

Jika meluncur di Indonesia, Suzuki XL6 juga bisa berperan sebagai pengisi celah kosong antara Suzuki Ignis yang bermain di segmen mobil city car, dan Suzuki SX4 S-Cross di segmen SUV Compact. Hadirnya XL6 jelas bisa menambah varian segmen mobil Suzuki di Indonesia, dan membuat Suzuki bisa ikut bermain di pasar mobil Low SUV. 

 

3. Sudah ada Modelnya

Kehadiran Suzuki XL6 di Indonesia nampaknya juga tidak akan sulit, sebab, Maruti Suzuki di India sudah meluncurkannya. Jadi bisa dibilang Suzuki Indonesia tinggal 'mengadopsi' model tersebut jika ingin memproduksinya secara lokal.

Namun perlu diketahui, model yang diluncuran di India adalah versi 6 penumpang, sedangkan di Indonesia diprediksi akan meluncur versi 7 penumpang. XL6 sendiri artinya konfigurasi 2+2+2, sedangkan XL7 konfigurasi 2+3+2.

Meski demikian, pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek mobil Suzuki di Indonesia masih enggan mengakui calon kehadiran Suzuki XL6. 

"Kami pun belum bisa menyampaikan secara detail terkait isu tersebut (Ertiga XL6),” paparnya saat ditemui di Jakarta Selatan pada acara peluncuran Suzuki Baleno Hatchback facelift (20/12).

"Tetapi akan ada beberapa model serta varian baru yang kami luncurkan tahun depan," sambung Donny.


 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com