Wuling Merupakan Mobil Merek Tiongkok Tersukses di Indonesia?

Wuling Merupakan Mobil Merek Tiongkok Tersukses di Indonesia?

Wuling merupakan pabrikan mobil Tiongkok yang baru saja hadir di tanah air pada 2017 lalu. Meski mengusung brand image mobil murah asal negeri tirai bambu, tapi tahukah Anda bahwa Wuling kini merupakan produsen mobil dari Tiongkok tersukses di Indonesia?

Di tahun lalu, Wuling hanya memasarkan 1 model LMPV, yakni Confero dengan total penjualan 4.558 unit. Meski tak setinggi penjualan mobil merek Jepang, namun Wuling mampu menorehkan penjualan tertinggi jika dibandingkan dengan para produsen mobil Tiongkok yang telah terlebih dahulu berkiprah di nusantara.

 

Salah satu pabrikan mobil Cina, Geely melakukan ekspansi ke Indonesia pada 2009. Meski terbilang cukup gemilang di tahun 2011 dengan total penjualan 1.022 unit dan 2012 naik menjadi 1.232 unit, namun penjualan Geely harus kandas di 2014 dengan total penjualan sebanyak 4 unit dalam setahun. Di tahun 2015, Geely sempat bangkit dengan angka penjualan 135 unit. Tapi nasib malang kembali menimpa Geely di 2016, data penjualan Geely di Indonesia tak lagi ditemukan.

Begitupun dengan Chery. Merek mobil Cina yang mulai eksis di 2011 ini hanya mampu bertahan hampir 3 tahun dan hanya mampu menjual produknya sebanyak 400 unit saja.

 

Hingga Februari 2018, Wuling Confero berhasil mencatatkan penjualan wholesales sebanyak 5.629 unit dan Wuling Cortez sebanyak 816 unit sehingga jika dijumlahkan, seluruh produk Wuling terjual sebanyak 6.445 unit.

Sepanjang sejarah eksistensi berbagai merek mobil penumpang di Indonesia, sampai saat ini Wuling merupakan mobil Cina tersukses dengan penjualan tertinggi. Saat ini Wuling pun akan punya 'kawan' asal Tiongkok bernama DFSK Sokon yang siap merilis SUV bermesin turbo dalam waktu dekat.

Good luck, Wuling!

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com