Volkswagen Resmi Rilis SUV Terkecilnya

Volkswagen Resmi Rilis SUV Terkecilnya

Volkswagen (VW) Tiguan dikenal sebagai mid-size SUV yang lahir pada tahun 2007 lalu dan mobil tersebut juga eksis sampai sekarang di Indonesia. Kabar terbaru yang datang dari  pabrikan mobil asal Jerman tersebut, yakni adanya peluncuran mobil terbaru berjenis SUV namun dimensinya jauh lebih kecil dari Tiguan. Yup, mobil tersebut adalah Volkswagen T-Cross 2019.

Sesuai dengan judul terdapat kata Terkecil” yang menggambarkan bahwa mobil ini memang memiliki dimensi yang kecil. Terbukti dari data yang diperoleh dari situs Carscoops, SUV mungil ini memiliki panjang 4.11 m dan lebar 2.56 m. Terungkap di Amsterdam, Shanghai, dan São Paulo, T-Cross menggunakan platform yang sama dengan VW Polo dan karena itu tidak terdapat varian all-wheel drive (AWD).

Bagian wajah terlihat seperti VW Touareg namun versi kecil berkat model grill yang memeluk lampu depan. Pindah ke sisi samping, mengingatkan pada VW Tiguan berkat garis karakter yang kuat, sedangkan bagian belakang mungkin adalah area paling asli dari mobil ini. Untuk bagian buritan, desain lampu terlihat mirip-mirip dengan line up VW saat ini, namun pada
bagian tengahnya terdapat light strip yang membuat ‘bokong’ T-Cross terlihat lebar.

Walaupun terlihat kecil, VW mengklaim mobil ini memiliki interior yang luas dan menawarkan ruang cukup untuk lima orang. Selain itu, kursi bagian penumpang belakang dapat digeser sebanyak 140 mm agar bisa memaksimalkan ruang kaki atau volume boot tergantung kebutuhan. Kemudian untuk volume bagasi yang di sediakan adalah 385 dan 455 lt, namun jika itu kurang sandaran bagai bisa dilipat secara partisi atau semuanya menjadikan volume sebanyak 1.281 liter.

SUV imut ini dipersenjatai dengan 4 pilihan mesin turbo. Dimulai dari mesin paling kecil yakni TSI 3 silinder berkapasitas 1.000 cc dengan dua pilihan output tenaga sebesar 94 dk dan 113 dk. Kemudian TSI 4 silinder berkapasitas 1.500 cc yang dapat menyemburkan tenaga sebesar 148 dk.

Hal yang cukup mengejutkan pada mobil ini adalah, sudah dilengkapi dengan fitur driver assistance terkini sebagai kelengkapan standar. Contohnya, Front Assist dengan Pedestrian Monitoring dan City Emergency Braking System, Lane Assist, Hill Start Assist, proactive occupant protection system dan Blind Spot Detection yang terintegrasi dengan Rear Traffic Alert.

Produksi VW T-Cross ini akan dimulai di Spanyol, Amerika Selatan dan Tiongkok akhir tahun ini, lalu akan dilakukan penjualannya pada tahun 2019 mendatang. Akan kah compact SUV ini mengaspal di tanah air? Kita tunggu saja!

 

Teks: Christo

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com