Volkswagen Ciptakan Lampu Canggih yang Bisa Berkomunikasi

Volkswagen Ciptakan Lampu Canggih yang Bisa Berkomunikasi

Mobil masa depan dari Volkswagen dikabarkan akan memiliki lampu canggih yang membuat kendaraan bisa berkomunikasi dengan para pejalan kaki atau kendaraan lain. Caranya adalah melalu lampu depan dan lampu belakangnya.

Pihak VW pada akhir pekan lalu dikabarkan telah memperkenalkan teknologi lampu depan serta lampu belakang canggih. Pabrikan asal Jerman ini mengklaim teknologi tersebut akan membuat mobil-mobil mereka bisa berinteraksi dengan para pengguna jalan lain.

 

 

Pada lampu depan, nantinya terdapat micro-pixel HD dengan 30 ribu titik pencahayaan yang tak hanya membuat penerangan kendaraan menjadi lebih luas, tapi juga mampu memproyeksikan bermacam informasi ke permukaan jalan. Contoh sederhananya adalah memproyeksikan simbol panah ke arah yang ingin dituju ketika akan berbelok.

Ada sensor infra merah di mobil yang bisa mendeteksi keberadaan pengguna jalan lain dari arah berlawanan, untuk kemudian mengurangi sebagian pencahayaan sehingga tak terlalu menyilaukan. Teknologi ini dapat pula mencetuskan fitur-fitur kenyamanan dan keselamatan baru bagi para pengendara seperti Optical Lane Assist.

 

 

Fitur tersebut bisa memproyeksikan jalur kendaraan melalui lampu depan. Dengan demikian, pengemudi dapat lebih mengetahui lebar mobil agar tak berjalan terlalu ke pinggir atau terlalu ke tengah.

 

Pada lampu belakang, terdapat teknologi matrix clusters yang membuatnya bisa membuat logo-logo atau huruf-huruf. Dengan begitu, mobil dapat memperingatkan kendaraan lain atau memberitahu kondisi tenaga baterai saat mobil sedang di isi. Pemilik mobil dapat pula memodifikasi tampilan cahaya lampu sein sesuai selera.

Lampu belakang juga akan menyediakan fitur Optical Park Assist yang mirip dengan Optical Lane Assist. Optical Park Assist berfungsi memproyeksikan garis-garis bantuan di permukaan jalan saat parkir.

VW sekarang masih melakukan pengujian terhadap teknologi lampu canggih tersebut di pusat riset dan pengembangan di Wolfsburg, Jerman. Salah satu pabrikan otomotif terbesar dunia ini menggunakan terowongan dengan panjang 100 meter, lebar 15 meter serta tinggi 5 meter untuk mensimulasikan jalan di siang maupun malam hari.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com