Daihatsu: Sejak Ada Xpander, Penjualan LMPV Mengalami Penurunan

Daihatsu: Sejak Ada Xpander, Penjualan LMPV Mengalami Penurunan

Model Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) semakin populer di Indonesia. Berdasarkan data Gaikindo yang dirilis pada Oktober 2018, setidaknya pasar LMPV merebut 25 persen dari keseluruhan segmen mobil yang ada di Indonesia.

Namun, dalam segmen LMPV sendiri, rupanya masing-masing model juga mengalami penurunan di tahun 2018 ini. Amelia Chandra selaku Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor memaparkan hal tersebut.

 

“Semua model LMPV di tahun 2018 ini penjualannya mengalami penurunan. Untuk Daihatsu Xenia mengalami penurunan 13 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sedangkan Avanza turun sebesar 22 persen,” ujar Amelia ketika diwawancarai di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, akhir pekan lalu (8/12).

Amelia pun membantah bahwa di segmen LMPV hanya model Avanza-Xenia yang mengalami penurunan. “Jadi yang gembar-gembor Avanza-Xenia mengalami penurunan, memang benar mengalami penurunan. Akan tetapi tidak sebanyak model lain,” tambahnya.

 

Menariknya, ia juga menjelaskan bahwa Xpander cukup merebut pasar dengan baik dalam segmen LMPV. “Benar, semenjak adanya Xpander, semua LMPV mengalami penurunan penjualan. Tetapi, pasarnya masih positif di angka 12 persen,” tutup Amelia.

Menurut data penjualan wholesales yang didapat oleh salah satu Agen Pemegang Merek, beberapa model LMPV mengalami penurunan yang cukup dratis. Di antaranya Honda Mobilio turun 22 persen. Bahkan Suzuki Ertiga yang mengalami full model change di tahun ini juga mengalami penurunan sekitar 22 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com