Mazda Patenkan Sistem Turbo Ganda Sekuensial. Apa Itu?

Mazda belum pernah memiliki mobil yang dilengkapi dengan turbo ganda. Dan kini turbo-nya tengah disiapkan.
Penulis: Hariawan Arif
Selasa, 19 Desember 2017 06:00 WIB
Berita - Mazda Patenkan Sistem Turbo Ganda Sekuensial. Apa Itu?
Bagikan ke:

Baru-baru ini banyak media otomotif internasional memberitakan informasi soal Mazda yang diam-diam sedang mendaftarkan paten teknologi twin turbo sekuensial. Ini adalah sebuah teknologi unik yang didaftarkan oleh Mazda.

Sebelumnya Mazda selalu menyampaikan bahwa mereka masih akan tetap terus mengembangkan sistem Internal Combustion Engine (ICE). Merek asli Jepang ini percaya bahwa mesin pembakaran dalam ini masih memiliki potensi yang sangat baik. Padahal saat ini pabrikan otomotif lain sudah mulai melakukan pengembangan mesin listrik maupun hidrogen.

Kini teknologi unik yang diam-diam sedang didaftarkan patennya oleh Mazda sebenarnya agak tak lazim. Pasalnya, sistem turbo ganda umumnya selalu menggunakan 2 exhaust outlet, di mana satu pipa untuk turbo.

Namun Mazda memiliki turbo ganda akan tetapi hanya ada satu pipa untuk mengakomodirnya. Namun di dalam pipa exhaust outlet itu ada katup yang mengatur gas untuk memutar turbin turbo.

Foto - Mazda Patenkan Sistem Turbo Ganda Sekuensial. Apa Itu?

Sistem kerja turbo temuan Mazda ini memungkinkan katup akan mengarahkan gas buang ke turbo kecil saat putaran mesin sedang rendah. Dan barulah seiring putaran mesin naik dan butuh boost besar, katup akan pindah posisi dan mengarahkan gas buang ke turbo besar untuk memutar turbinnya.

Mazda tampaknya menilai bahwa sistem ini lebih ringkas dan menggunakan lebih sedikit komponen. Namun memang belum dibuktikan apakah sistem tersebut lebih efektif daripada mekanisme twin turbo sekuensial pada umumnya.

Selain itu belum ada juga informasi mengenai untuk model Mazda yang mana cikal bakal turbo baru ini akan dipasang. 

#mazda

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.