Mampukah Sistem Parkir Otomatis Mercedes-Benz E-Class Bekerja di Area Sulit Khas Indonesia?

Sistem parkir di Mercedes-Benz E-Class diuji di Bandung (17/7). Walaupun dirancang di Jerman, sistem ini dites apakah mampu bekerja dengan baik di areal parkir sempit khas Indonesia. Begini hasilnya.
Penulis: Danu P Dirgantoro
Rabu, 19 Juli 2017 06:25 WIB
Berita - Mampukah Sistem Parkir Otomatis Mercedes-Benz E-Class Bekerja di Area Sulit Khas Indonesia?
Bagikan ke:

Mercedes-Benz E-Class yang resmi hadir dalam status CKD memang menawarkan kecanggihan terkini. Salah satunya adalah kemampuan parkir otomatis yang mampu dieksekusi pakai fitur Parking Pilot.

Sedan E-250 ini bahkan dibekali juga pabrikannya dengan kamera mundur yang mampu membuat pencarian spot parkir lebih mudah. Kami pun diajak membuktikannya di arealparkir Trans Studio, Bandung Jawa Barat (17/7). Dan benar, saja fitur ini bisa memandu saat E Class yang kami kendarai maju maupun mundur menuju ruang parkir paralel.

Foto - Mampukah Sistem Parkir Otomatis Mercedes-Benz E-Class Bekerja di Area Sulit Khas Indonesia?

 

"Fitur ini juga mengendalikan kendaraan secara otomatis menuju tempat parkir yang telah dipilih dan dapat mengarahkan serta mengerem jika mendeteksi hambatan di sekitar area parkir," ujar Yudi Lesmana selaku Product Manager Mercedes-Benz Indonesia. Dengan begitu tangan dan kaki kita bisa dibilang tak perlu bekerja memandu mobil.

Kendati bisa memarkirkan E-Class dengan manuver parkir pararel maupun seri, tapi ketika kami mencoba, kondisi area dan space parkir haruslah steril. Jika ada ruang parkir namun jika sistem menganggapnya kurang aman, maka mobil diarahkan untuk maju dan mencari spot parkir lain.

Artinya jika ada orang nongkrong di tempat parkir kosong, seperti sering terjadi, sistem bisa saja tak membaca itu sebagai ruang parkir. Akan tetapi jika steril, sistem ini selalu mampu membacanya, ditandai dengan munculnya logo 'P' biru di instrumen. Saat logo itu muncul, hampir dipastikan sistem ini akan mampu parkir dengan sempurna.

Foto - Mampukah Sistem Parkir Otomatis Mercedes-Benz E-Class Bekerja di Area Sulit Khas Indonesia?

Selain memarkirkan secara otomatis, fitur Parking Pilot ini juga bisa membawa E-Class keluar dari posisi parkir pararel maupun seri. Ketika mobil sudah dalam posisi keluar spot parkir maka kemudi harus segera diambil alih pengemudi, sebab selepas sistem bekerja mengeluarkan mobil, E-Class bisa saja meluncur sesuai kemiringan jalan.

Informasi yang disampaikan Parking Pilot ini tampil cukup baik di layar full HD dengan pencitraan 360 derajat. Sejauh ini, E-Class jadi satu-satunya model Mercedes-Benz Indonesia yang memiliki fitur canggih Parking Pilot.

#mercedes-benz #e-class

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.