Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Berpotensi Jadi Mobil Terhemat di Indonesia

Penulis: Danu P Dirgantoro
Jumat, 16 Desember 2016 09:00 WIB
Berita - Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Berpotensi Jadi Mobil Terhemat di Indonesia
Bagikan ke:
Suzuki akan memasukkan Ertiga diesel hybrid tahun depan. Teknologinya diklaim membuat mobil ini 50% lebih hemat dibanding Ertiga biasa.

Suzuki Ertiga bermesin diesel yang dipastikan hadir tak lama lagi otomatis membuka ingatan kita pada low MPV 7-seater bermesin peminum solar lainnya. Di Indonesia sendiri LMPV diesel memang terbilang sedikit populasinya.

Di antaranya ada yang terus survive, ada pula yang dihentikan penjualannya. Nah, dengan rencana Suzuki Indonesia menghadirkan Ertiga diesel hybrid tentu menambah daftar MPV 7 tempat duduk peminum solar di tanah air di era modern. Tapi dengan teknologi baru, ia sangat berpotensi menjadi mobil terhemat di Indonesia.

 

Foto - Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Berpotensi Jadi Mobil Terhemat di Indonesia
Walau sudah lama tak mendapat facelift, Panther tetap mantap dalam segmennya sendiri

 

Dengan teknologi diesel SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) yang ditawarkan harusnya ia jadi primadona baru dalam alternatif pilihan MPV ekonomis. Apalagi SHVS yang disebut-sebut bisa membuatnya lebih irit 50 persen dibanding Ertiga bensin, ia berpotensi menggerus pasar Toyota Avanza, Honda Mobilio dan rival-rivalnya.

Dari hasil tes kami, Ertiga bensin 1.400 cc saja sudah bisa menorehkan 13-14 km/liter di dalam kota. Jika klaim 50% lebih hemat itu benar, maka ia bisa saja mencatat kisaran 20 km/liter di dalam kota.

Foto - Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Berpotensi Jadi Mobil Terhemat di Indonesia

Namun memang berbicara tentang low MPV diesel, Chevrolet Spin diesel yang rakitan Indonesia pernah dijual beberapa tahun lalu dengan banderol sekitar Rp 219 jutaan. Sebuah harga yang terbilang berbahaya untuk mengacak-ngacak penjualan Toyota Avanza. Tapi respons pasar tak begitu bagus. Bahkan sekarang Spin bensin dan diesel tak lagi dijual.

Satu kelas di atasnya, Isuzu Panther pernah menggebrak pasar di 1990-an dengan kehematan mesin dieselnya. Sayang, pengembangan Panther berlangsung sangat lambat sehingga tak bisa mengimbangi rivalnya yang makin modern.

Ertiga diesel yang akan pakai unit 1.500 cc diesel plus sokongan SHVS tentu siap meraup potensial konsumen yang ditinggalkan Spin diesel, serta penggemar mesin diesel Panther yang kecewa karena produk barunya tak kunjung hadir. 

Tapi perlu diingat, Ertiga diesel akan dibanderol di atas Rp 224 jutaan, yang artinya lebih mahal dari Spin diesel. Meski begitu Suzuki memang punya jaringan servis lebih kuat. Lantas masih mungkinkah Ertiga diesel jadi primadona baru di low MPV? Punya pendapat? Silakan tulis di kolom komentar.

Baca juga:

Chevrolet Spin Facelift 2017 Siap Muncul, Sayang Bukan Di Indonesia

#suzuki #ertiga-diesel #isuzu #panther #chevrolet #spin

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.