Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Masuk 2017, Ini Konfirmasi Suzuki

Rencana PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk meluncurkan produk baru di Indonesia semakin dijelaskan terang-terangan.
Penulis: Hariawan Arif
Kamis, 15 Desember 2016 07:45 WIB
Berita - Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Masuk 2017, Ini Konfirmasi Suzuki
Bagikan ke:

Rencana PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk meluncurkan produk baru di Indonesia semakin dijelaskan terang-terangan. Pasalnya pihak SIS sendiri juga telah memberikan konfirmasi soal teknologi barunya yang menjadi keunggulan produk tersebut.

"Produk yang akan kami luncurkan telah dilengkapi dengan sistem SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki)." ungkap Harold Donel selaku Head of Product Development & Accessories SIS di sela-sela nonton bareng Suzuki AFF Cup kemarin (14/12).

Foto - Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Masuk 2017, Ini Konfirmasi Suzuki

Suzuki Ertiga Hybrid

Pihak SIS juga menjelaskan sistem teknologi SHVS pada mesin diesel yang menjadi basis yang akan digunakan oleh Suzuki. "Cara kerjanya, mesin diesel yang digunakan Ertiga tersebut dilengkapi dengan start stop engine, sehingga mesin akan mati saat mobil sedang berhenti, hal ini dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar hingga 50% lebih irit dibanding Ertiga bensin saat ini," tambah Harold.

Sebenarnya jika mendengar penjelasan tersebut, sistem SHVS ini tidak dapat dikatakan sepenuhnya Hybrid karena kelistrikan yang dialirkan hanya berfungsi untuk tetap menghidupkan lampu, head unit dan kelistrikan lain pada mobil saat kondisi mesin mati, tidak bisa untuk menjalankan mobil.

Penggunaan mesin dengan SHVS ini, sudah diterapkan pada Suzuki Ciaz di India dan dapat dikatakan sebagai mild hybrid karena perangkat Integrated Starter Genarator ini tak seperti generator/motor listrik pada mesin full hybrid, yang bekerja sama atau bergantian dengan mesin utama sebagai daya penggerak mobil.

Jika Anda tertarik untuk memiliki Ertiga bermesin diesel yang memiliki teknologi SHVS ini, SIS akan menjualnya lebih mahal 20% dari Ertiga tipe GX yang saat ini memiliki banderol Ro 224,5 juta. Soal bentuknya tidak akan ada perubahan dengan Ertiga yang ada di Indonesia saat ini dan SIS u tuk pertama kali hanya akan menjual varian transmisi manual.

#suzuki #ertiga

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.